alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

BSU Rp 1 Juta Siap Dikirim untuk 13.498 Karyawan

11 Oktober 2021, 11: 17: 17 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

PENERIMA MANFAAT:  Karyawan salah satu  supermarket di Tuban yang masuk dalam kategori penerima BSU dari pemerintah.

PENERIMA MANFAAT: Karyawan salah satu supermarket di Tuban yang masuk dalam kategori penerima BSU dari pemerintah. (YUDHA SATRIA ADITAMA/RDR.TBN)

Share this      

Radar Tuban – Bantuan subsidi upah (BSU) untuk karyawan masih digulirkan oleh pemerintah pusat. Di Tuban, data karyawan yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan ada 25.547 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 15.761 karyawan diusulkan untuk menerima BSU. Selanjutnya Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) melakukan penyeleksian ulang hingga akhirnya 13.498 karyawan tervalidasi sebagai penerima BSU tahap dua pada 2021 ini.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tuban Sonny Alonsye mengatakan jumlah karyawan di Tuban yang terdaftar jaminan sosial tenaga kerja ada 25.574 orang. Namun yang disetorkan ke Kemenaker untuk menerima bantuan hanya 15.761.

Baca juga: Bantuan Usaha Diusulkan Perindag dan Disalurkan TNI/Polri

Itu karena beberapa orang terdata sudah mendapat bantuan pemerintah lain seperti bantuan produktif usaha mikro (BPUM), pra kerja, dan bantuan sosial lain.

’'Sebanyak 13.498 karyawan Tuban terdata mendapat uang bantuan sebesar Rp 1 juta yang masih berlangsung hingga akhir tahun,’’ tutur dia. Sonny mengatakan sebanyak 13.498 karyawan terpilih mendapat BSU dengan sejumlah kriteria.

Persyaratan utama adalah bergaji di bawah Rp 5 juta. Persyaratan selanjutnya seperti belum menerima bantuan sosial dari pemerintah dalam bentuk apapun dan merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif yang sudah terdaftar sejak lama.

Dari 25 ribu pekerja tersebut, pemerintah sudah menyaring ada 13 ribu pekerja se-Kabupaten Tuban yang memenuhi kriteria tersebut. ‘’Yang menyeleksi layak atau tidak menerima bantuan sepenuhnya kementerian pusat,’’ tegasnya.

Pejabat kelahiran Surabaya ini mengatakan mekanisme pencairan BSU tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya, pencairan bisa dilakukan di luar bank Himbara (Himpunan Bank Negara).

Tahun ini penyerahan bantuan lebih ketat, hanya bisa dilakukan di Himbara saja seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN. Sonny menjelaskan bagi penerima BSU yang tak memiliki empat rekening tersebut akan dikirim surat untuk membuka rekening terlebih dulu.

‘’Mekanisme pencairan nanti perusahaan dihubungi pihak perbankan langsung,’’ ungkap dia. Dari 13 ribu yang terdata penerima BSU tersebut, sebagian sudah mulai menerima bantuan sejak satu bulan terakhir.

Bantuan akan dikirimkan bertahap hingga menyeluruh ditargetkan sebelum pergantian tahun. Terkait jumlah karyawan yang sudah mendapat BSU, Sonny mengaku belum mengetahui persis. Sebab, pencairan dilakukan langsung dari pemerintah pusat.

Hanya dia memiliki beberapa data perusahaan yang karyawannya sudah mendapatkan bantuan, ‘’Yang belum dapat pencairan bisa cek website apakah termasuk penerima atau tidak,’’ terang dia.

(bj/wid/yud/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news