alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Peduli Lindungi Jadi Syarat Masuk Polres

08 Oktober 2021, 10: 52: 46 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SCAN DULU: Warga yang akan mengurus dokumen ke Polres Tuban diminta scan barcode Peduli Lindungi di pos penjagaan.

SCAN DULU: Warga yang akan mengurus dokumen ke Polres Tuban diminta scan barcode Peduli Lindungi di pos penjagaan. (YUDHA SATRIA ADITAMA/RDR.TBN)

Share this      

Radar Tuban - Syarat sudah di vaksin untuk mendapat pelayanan publik terus diperketat. Pemerintah pusat sudah mewajibkan vaksin sebagai syarat mendapat pelayanan publik, masuk wisata, dan mal.

Di Tuban, aturan wajib vaksin belum terlalu ketat. Baru Polres Tuban yang mewajibkan masyarakat sudah divaksin sebelum mendapat pelayanan di markas resort tersebut.

Syarat vaksinasi yang dibuktikan dengan aplikasi Peduli Lindungi itu diwajibkan bagi masyarakat yang hendak mengurus dokumen ke kepolisian. Sebelum mendatangi tempat pengurusan dokumen, warga dihentikan di depan pintu penjagaan.

Baca juga: Laksanakan ANBK, Berharap Hasil Terbaik

Selanjutnya, mereka dipandu personel polwan yang berjaga untuk melakukan scan kode QR Code di aplikasi. Setelah scan kode pada aplikasi tersebut akan terlihat status warna. Masing-masing warna menunjukkan kondisi masyarakat yang datang di polres.

Merah untuk warga yang belum divaksin, kuning bagi yang sudah vaksin dosis pertama, dan hijau untuk yang sudah vaksin dosis kedua. Bagi yang berwarna merah atau belum vaksin, warga tidak akan dilayani permintaan dokumennya.

Kapolres Tuban AKBP Darman mengatakan, warna merah pada aplikasi Peduli Lindungi juga menunjukkan kemungkinan warga tersebut terkonfirmasi positif atau kontak erat dengan pasien Covid-19.

Dengan demikian, mereka tidak boleh beraktivitas di ruang publik dan akan dilakukan tindakan lebih lanjut. ‘’Ini sebagai upaya agar vaksinasi mencapai lebih dari 50 persen, sehingga Tuban bisa segera keluar dari level 3,’’ tegasnya.

Darman menyampaikan, vaksinasi yang dibuktikan melalui aplikasi Peduli Lindungi saat ini sudah menjadi syarat di berbagai fasilitas pelayan publik dan hiburan.

Di Tuban, bukan tidak mungkin syarat yang sama akan berlaku dalam beberapa waktu ke depan. Untuk saat ini, masih diperlukan sosialisasi bertahap. Dimulai dari masyarakat yang ingin mendapatkan layanan di Polres Tuban.

(bj/ds/yud/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news