alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Boks
icon featured
Boks

Mencoba Memahami Kebutuhan Anak-anak Melalui Literasi

02 Oktober 2021, 10: 09: 54 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

LEBIH BANYAK TULIS JURNAL: Yayuk Chayatun Machsunah menunjukkan buku hasil karyanya untuk pendidikan anak.

LEBIH BANYAK TULIS JURNAL: Yayuk Chayatun Machsunah menunjukkan buku hasil karyanya untuk pendidikan anak. (IST/RDR.LMG)

Share this      

Yayuk Chayatun Machsunah berhasil menerbitkan sebuah buku, beberapa jurnal dan artikel ilmiah. Buku keduanya menunggu dirinya ada waktu longgar. 

Ketika kuliah, Yayuk memilih jurusan ilmu komunikasi. Jurusan ini membuat dirinya berkutat dalam dunia tulis-menulis. Namun, ibu tiga anak itu tidak banyak menerbitkan buku. Hingga kini, dia baru menulis sebuah buku. Alasannya, waktu. Yayuk merasa sangat kesulitan untuk membagi waktu mengajar dan di rumah.

Ketika ada waktu sebentar untuk istirahat, dia juga harus terus menerbitkan jurnal yang sudah rilis di tingkat nasional. Baginya, minimal dia bisa menghasilkan karya, meski dalam bentuk jurnal karena sekali duduk.

Baca juga: Pemerintah Apresiasi Kolaborasi Mendorong Pertumbuhan Industri Kopi

“Saya kesulitan membuat buku karena terkendala waktuBahkan buku kedua ini sudah ada drafnya tapi finishingnya masih mangkrak,” terang perempuan kelahiran Lamongan, 5 November 1975 itu.

Buku yang sudah diterbitkannya, berjudul Strategi Membaca Permulaan yang Menyenangkan. Buku ini ditulis karena kebutuhan materi yang lebih humanis dalam mendampingi bimbingan anak. Yayuk menemukan banyak anak kelas 1, 2, bahkan 3 SD, belum lancar membaca.

Dia lantas berkeinginan kuat membuat buku strategi membaca cepat. “Buku ini rilis karena kebutuhannya sangat tinggi, karena saya yakin kalau bukan kebutuhan, mungkin belum rampung seperti buku kedua sekarang,” tutur perempuan asal Kecamatan Lamongan itu.

Buku itu awalnya untuk konsumsi pribadi dan lembaganya. Namun, banyak tawaran masuk yang ingin menggunakan buku tersebut sebagai referensi dan pedoman ajar. Buku itu akhirnya beberapa kali cetak ulang.

Sebagai pendidik yang senang dengan literasi, Yayuk merasa tidak ada kesulitan dalam menuangkan ide ke bentuk tulisan. Dia hanya perlu membaca dan melihat kebutuhan orang di sekelilingnya. Setelah itu, dirinya mengembangkan kejadian yang ada dengan pemikiran-pemikiran yang dimiliki melalui sebuah tulisan.

Selama ini, Yayuk juga mengajak mahasiswanya untuk suka dengan dunia literasi. Salah satunya melalui pengenalan hal-hal yang menyenangkan. Dalam bukunya nanti, dia ingin mencoba menulis kewirausahaan untuk mahasiswa.

Tujuannya, ada semangat dan kerativitas yang dibangun dari pemuda. Yayuk yang sangat suka dunia parenting, juga ingin menulis buku yang banyak membahas tentang kebutuhan anak. “Saya suka dengan anak-anak dan mencoba memahami kebutuhan mereka khususnya bidang pendidikan,” tutur lulusan S3 Universitas Negeri Malang itu.

(bj/yan/*/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news