alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Advertorial
icon featured
Advertorial

Berkat Sinergi & Kerja Keras, Pemkab Tuban Berhasil Kendalikan Pandemi

30 September 2021, 10: 07: 41 WIB | editor : Nailul Imtihany

BERSINERGI: Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE. bersama jajaran forkopimda siap menyukseskan program vaksinasi di Kabupaten Tuban.

BERSINERGI: Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE. bersama jajaran forkopimda siap menyukseskan program vaksinasi di Kabupaten Tuban.

Share this      

Sejak resmi dilantik pada 20 Juni 2021, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE. dan wakil bupati Riyadi, SH. langsung fokus pada penanganan Covid-19. Pelan tapi terukur, kerja keras dalam mengendalikan laju Covid-19 itu membuahkan hasil yang baik. Dari sebelumnya zona merah dan level 4 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pelan-pelan masuk zona kuning dan level 1 PPKM.

Keberhasilan Pemkab Tuban dalam menangani Covid-19 tersebut berkat sinergitas berbagai pihak. Sebagaimana yang selalu ditekankan bupati Aditya Halindra Faridzky, bahwa menangani Covid-19 itu harus melibatkan seluruh elemen, mulai forkopimda, tenaga kesehatan, organisasi perangkat daerah (OPD), organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, stakeholder, dan seluruh elemen masyarakat.

Semua harus terlibat dan memiliki frame atau pemikiran yang sama dalam menangani Covid-19. Terbukti, dari pola sinergi dan koordinasi yang diinisiasi Mas Bupati, penanganan Covid-19 di Tuban termasuk yang terbaik di antara kabupaten/kota se-Jatim.

Baca juga: Hadir Pemain Trial dari Kalimantan

RAMAH: Bupati Aditya Halindra Faridzky, SE. didampingi Kepala Dinkes Tuban dr Bambang Priyo Utomo berdialog dengan warga yang mengikuti kegiatan vaksinasi di Pendapa Krida Manunggal Tuban.

RAMAH: Bupati Aditya Halindra Faridzky, SE. didampingi Kepala Dinkes Tuban dr Bambang Priyo Utomo berdialog dengan warga yang mengikuti kegiatan vaksinasi di Pendapa Krida Manunggal Tuban.

‘’Capaian positif ini bisa terwujud berkat sinergi berbagai pihak. Dan, itulah (sinergi dan koordinasi, Red) yang selalu ditekankan beliau (Mas Bupati),’’ tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban dr Bambang Priyo Utomo.

Dokter Bambang menyampaikan, berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Tuban dalam mengendalikan laju penularan Covid-19, mulai 3T (tracing, testing, dan treatment), pemenuhan obat, hingga mempercepat program vaksinasi. Dan, semua itu melibatkan seluruh elemen masyarakat. ‘’Sesuai yang disampaikan Mas Bupati, kami selalu berupaya melibatkan seluruh elemen masyarakat secara optimal. Sebab, menangani pandemi ini tidak bisa hanya dilakukan pemerintah. Dibutuhkan gotong-royong dan kesadaran bersama,’’ tuturnya.

Dari sisi capaian target tracing atau pelacakan kontak misalnya, terang dokter Bambang, keterlibatan TNI*Polri sangat besar. Dari yang sebelumnya hanya mampu melakukan tracing 1:8 atau 1 kasus positif berbanding 8 penelusuran kontak erat, berkat keterlibatan personel TNI-Polri, target tracing dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 1:15 akhirnya tercapai. ‘’Bahkan sudah lebih,’’ terangnya.

Berkat kerja-kerja yang terukur itulah, akhirnya Kabupaten Tuban dengan cepat berhasil masuk zona kuning dan level 1 PPKM. Dokter Bambang menegaskan, zonasi dan level PPKM menjadi hal yang penting. Sebab, perkembangan zonasi dan level PPKM menjadi salah satu acuan untuk menentukan tindakan dan kebijakan. Semakin membaiknya status zonasi dan level PPKM, maka kebijakan yang diambil pemerintah bisa semakin longgar.

Artinya, proses pemulihan ekonomi bisa dilakukan dengan cepat. ‘’Alhamdulillah, Tuban termasuk yang cukup berhasil dalam menangani Covid-19 ini,’’ terang mantan kepala Puskesmas Tambakboyo itu.

Lebih lanjut dokter Bambang menyam paikan, seiring dengan capaian positif Kabupaten Tuban dalam menangani Covid-19, Mas Bupati memberikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras.

‘’Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah bergerak cepat dan bersinergi dalam menangani Covid-19 di Tuban. Capaian positif Kabupaten Tuban dalam mengen dalikan laju penularan Covid-19 ini adalah hasil kerja keras bersama,’’ tandasnya.

(bj/ds/tok/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news