alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

ANBK Hanya untuk Mengukur Kualitas Sekolah

23 September 2021, 13: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

PERSIAPAN: Pelaksanaan ANBK jenjang SMA yang akan dimulai Senin pekan depan.

PERSIAPAN: Pelaksanaan ANBK jenjang SMA yang akan dimulai Senin pekan depan. (YUDHA SATRIA A/RDR.TBN)

Share this      

Radar Tuban – Ditiadakannya ujian nasional (UN) tidak lantas membuat indikator penilaian mutu sekolah dihilangkan. Sebagai gantinya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar asesmen nasional berbasis komputer (ANBK). Penilaian pada setiap jenjang sekolah ini digelar Kemendikbudristek sebagai uji kompetensi untuk melihat mutu atau kualitas pendidikan di setiap sekolah.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Tuban Suparlin mengatakan, ANBK sementara digunakan untuk pemetaan mutu sekolah. Mekanisme ujian yang hanya melibatkan sampel beberapa siswa di setiap sekolah itu nantinya tidak menggunakan sistem lulus dan tidak lulus.

Tetapi hanya sebagai indikator penilaian untuk menunjukkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. ‘’ANBK bukan indikator kelulusan siswa, tapi untuk pemetaan mutu pendidikan,’’ tutur dia.

Baca juga: Ditinggal Istirahat, Kantor Diskoperindag Tuban Disatroni Maling

Karena itu, terang Parlin, sapaan akrabnya, ANBK diseleng garakan di semua kelas menengah SD, SMP, dan SMA se-derajat. Baik sekolah negeri maupun swasta. Nantinya, hasil dari ANBK dibutuhkan sebagai bahan evaluasi Kemendikbudristek, Dinas Pendidikan, dan sekolah masing-masing. Penilaiannya meliputi aspek kompetensi minimum atau literasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

‘’Nantinya akan terlihat, apakah sekolah tersebut harus mempertahankan mutu yang sudah bagus atau masih perlu ditingkatkan,’’ kata pendidik yang juga Kepala SMAN 1 Tuban itu. Pelaksanaan ANBK SMA akan berlangsung empat hari. Mulai 27-30 September 2021.

Sebagian besar SMA sepakat menggelar ANBK pada Senin-Selasa, kemudian dilanjutkan RabuKamis untuk jadwal susulan. Ditegaskan Parlin, jadwal susulan itu bukan untuk remidi siswa. Melainkan disediakan apabila saat pelaksanaan pada hari pertama dan kedua ada kendala. ‘’Tidak ada istilah lulus atau tidak lulus dalam ANBK, ini hanya untuk pemetaan kualitas pendidikan,’’ ujar mantan Kepala SMAN 2 Tuban itu.

(bj/yud/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news