alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Kasus Baru Kembali Ngegas, Waspada Covid Gelombang Tiga

23 September 2021, 12: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Kasus Baru Kembali Ngegas, Waspada Covid Gelombang Tiga

Share this      

Radar Tuban – Perkembangan kasus Covid-19 di Tuban kembali memicu kekhawatiran publik. Pasalnya, jumlah pasien terkonfirmasi baru terus bertambah. Kemarin (22/9), sebanyak 17 orang kembali teregister positif Covid-19. Ini sekaligus menjadi yang terbanyak dalam beberapa pekan terakhir.

Selain itu, jumlah pasien bergejala yang dirawat di rumah sakit juga terus bertambah. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban Bambang Priyo Utomo menyampaikan, seiring dengan penambahan 17 pasien baru, kini jumlah pasien aktif totalnya mencapai 68 pasien.

Rinciannya, 36 pasien menjalani isolasi terpadu (isoter) dan 32 pasien menjalani perawatan di rumah sakit. ‘’Ini (jumlah pasien yang men jalani perawatan di rumah sakit, Red) yang paling kita khawatirkan,’’ kata Bambang, sapaan akrabnya.

Baca juga: Jabar Sharza Diminta Segera Berangkat ke Indonesia

Ditegaskan Bambang, penambahan kasus baru dengan jumlah pasien bergejala yang terus bertambah ini harus menjadi alarm bersama. Artinya, seluruh masyarakat Tuban harus kembali waspada. ‘’Dengan penambahan kasus baru sebanyak ini kita patut khawatir. Apalagi, pasien yang dirawat di rumah sakit juga terus bertambah,’’ tuturnya.

Disinggung soal penyebab meningkatnya jumlah kasus baru dalam beberapa hari terakhir, Bambang menyampaikan, pemicu utama adalah ketaatan dalam menjaga protokol kesehatan yang mulai kendor. ‘’Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa kalau sudah level 1 PPKM itu bisa aktivitas seperti biasa. Sehingga banyak yang mengabaikan protokol kesehatan,’’ terang mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo itu.

Apakah penambahan kasus baru yang kembali ngegas ini ada hubungannya dengan gelombang ketiga Covid-19? Bambang belum bisa memberikan penjelasan secara pasti. Namun, diakui Bambang, Satgas Covid-19 pusat memang sudah memberikan warning kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menebalkan kembali ketataan terhadap prokes menyusul potensi serangan virus korona gelombang ketiga.

Sebagaimana yang disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Nasional Wiku Adisasmito, bahwa saat ini beberapa negara sedang menghadapi gelombang tiga Covid-19. Karena itu, seluruh masyarakat Indonesia diminta untuk kembali meningkatkan ketaatannya dalam menjaga prokes. ‘’Kuncinya memang pada protokol kesehatan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan),’’ tutur Bambang sekaligus menegaskan bahwa protokol kesehatan tidak bisa ditawar.

Seiring dengan jumlah kasus baru yang terus bertambah, kini jumlah total pasien Covid-19 di Tuban sudah mencapai 7.347 orang. Dari angkat tersebut, sebanyak 6.359 orang dinyatakan sudah sembuh. Sedangkan yang meninggal sebanyak 920 orang. Sisanya, 68 orang masih menjalani isoter dan perawatan di rumah sakit. ‘’Alhamdulillah beberapa hari ini kembali tidak ada pasien yang meninggal,’’ ujar Bambang bersyukur. 

(bj/tok/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news