alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Rp 91 Miliar Digelontorkan Untuk 55 Kelompok Tani

22 September 2021, 14: 30: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Rp 91 Miliar Digelontorkan Untuk 55 Kelompok Tani

(NURKOZIM/RADAR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Alokasi anggaran untuk program petani mandiri (PPM) tahun ini cukup besar. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro mengalokasikan anggaran Rp 91 miliar. Anggaran itu untuk hibah program PPM pada kelompok tani 55 unit.

Kasi Pembiayaan Usaha Tani DKPP Bojonegoro Selvi Virginita Orizanti menjelaskan, anggaran itu nantinya akan diberikan pada kelompok tani yang sudah terdaftar.Sebanyak 55 kelompok tani. Besaran anggaran yang diterima kelompok tani bervariasi. Tergantung luas lahan. Sebab, setiap anggota kelompok tani memiliki luas lahan berbeda.

‘’Ada yang menerima sedikit dan adayangmenerimabanyak,’' ujarnya. Menurut dia, alokasi anggaran untuk program itu tahun ini sebesar Rp 91 miliar. Hingga kini, jumlah pemegang KPM sebanyak 102.822 orang. Mereka adalah para petani yang masuk sebagai anggotakelompoktani.

Baca juga: Usai Perbaikan Trotoar, Puluhan Pohon Besar Mulai Ditanam

Program PPM ini mempermudah petani memperoleh berbagai bantuan. Seperti pem- belian pupuk, benih, hingga pestisida. Sehingga, bisa meringankan beban petani. Wakil Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro Sigit Kushariyanto mengatakan, PPM memang banyak memberikan kemudahan. Terutama dalam akses tanam hingga panen.

Namun, setelah itu masalah pertanian masih belum banyak teratasi. Seperti anjloknya harga saat panen raya. ‘’Ini yang belum banyak menjadi perhatian,’’ jelasnya.

Sigit menjelaskan, pemkab saat ini tengah membentuk BUMD baru di bidang pertanian. BUMD itu diharapkan bisa menjadi solusi atas masalah-masalah paska panen saat ini.

Sigit menjelaskan, program PPM dengan anggaran miliaran itu banyak memberikan bantuan saat petani bertanam. Namun, usai panen petani juga masih membutuhkan bantuan. '’Jadi masalah pertanian nanti harustuntasmulaitanamsampai panen,’' pungkasnya.

(bj/msu/zim/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news