alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Ali, Pendonor Plasma Terbanyak Ketiga se-Indonesia

22 September 2021, 14: 05: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

MENGIKUTI VIRTUAL:  Ali Efendi menerima penghargaan dari Menko PMK dan PMI atas donor konvalesen ke-16 kalinya.

MENGIKUTI VIRTUAL: Ali Efendi menerima penghargaan dari Menko PMK dan PMI atas donor konvalesen ke-16 kalinya. (YUDHA SATRIA ADITAMA/RDR.TBN)

Share this      

Setelah mendonor 16 kali, Ali Efendi tercatat sebagai pendonor plasma konvalesen terbanyak ketiga se-Indonesia. Atas aksi kemanusiaannya, dia diberi penghargaan oleh Menteri Koordinator Pember dayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla.

Manajer Pemastian Mutu Sarju Efendi mengatakan, penghargaan tersebut diberikan secara virtual melalui Zoom Meeting kemarin (21/9) pagi. Acara virtual yang diikuti sekitar 700 peserta se-Indonesia itu memberi penghargaan pendonor plasma terbanyak selama pandemi Covid-19.

Pendonor terbanyak pertama dari Sidoarjo yang sudah donor 26 kali. Selanjutnya pendonor dari Surabaya 18 kali dan Ali Efendi Tuban donor 16 kali.

Baca juga: Persibo Belum Temukan Kerangka Tim

Humas PMI Tuban ini menyampaikan, penghargaan tersebut di berikan sebagai wujud apresiasi atas aksi kemanusiaan para pendonor. Dari lima orang yang diberikan penghargaan, kata Sarju, Ali Efendi menjadi pendonor plasma konvalesen terbanyak ketiga se-Indonesia.

Penghargaan berupa sertifikat tersebut diberi kan sebagai ucapan terima kasih. ‘’Mendapat penghargaan dari Menko PMK dan PMI pusat sebagai tanda terima kasih,’’ ujarnya

Sementara itu, Ali Efendi mengaku tak menyangka mendapat apresiasi dari pemerintah. Dia mengaku donor sebagai rutinitas yang harus dilakukan untuk menolong sesama. Setelah donor plasma ditutup, Ali kembali melanjutkan rutinitas donor darah tiap dua bulan sekali.

‘’Secara pribadi tidak mengharapkan apa-apa dari donor plasma konvalesen yang saya lakukan rutin. Namun, jika diapresiasi, saya sangat senang dan mengikuti,’’ ujar anggota Kodim 0811 Tuban yang baru pensiun itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ali Efendi rutin donor plasma konvalesen sejak dinyatakan sembuh dari covid pada Desember 2020. Sejak itu, dia rutin donor selama dua pekan sekali. Dia tercatat donor ke-16 kalinya sebelum akhirnya layanan donor plasma konvalesen di seluruh PMI dihentikan karena pasokan overload.

(bj/ds/yud/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news