alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

DPRD Bojonegoro Segera Tuntaskan Empat Raperda

17 September 2021, 16: 30: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

LEGISLATIF: Tiga anggota DPRD di sela pembahasan P-APBD 2021, Senin (13/9). Tugas penyelesaian raperda masih menanti.

LEGISLATIF: Tiga anggota DPRD di sela pembahasan P-APBD 2021, Senin (13/9). Tugas penyelesaian raperda masih menanti. (NURCHOLISH/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Bojonegoro akan bergerak cepat menuntaskan empat rancangan peraturan daerah (raperda) usulan dari eksekutif. Pembahasan itu, menindaklanjuti hasil konsultasi Gubernur Jawa Timur, tentang perubahan kedua propemperda, terdiri empat raperda usulan Pemkab Bojonegoro.

Ketua Bapemperda DPRD Bojonegoro Sutikno menerangkan, empat raperda yang akan ditindaklanjuti dan dibahas, telah dibacakan saat rapat paripurna penetapan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) P-APBD 2021 pada Selasa lalu (14/9).

Empat regulasi itu meliputi raperda perubahan kedua atas Perda Nomor 15 Tahun 2011 tentang Retribusi dan Pemakaian Kekayaan Daerah, perubahan kedua atas Perda Nomor 20 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha, perubahan keempat atas Perda Nomor 14 Tahun 2011 tentang Pajak Bumi Bangunan, dan perubahan ketiga atas Perda Nomor 19 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

Baca juga: Rendahnya Rasio Tracing Sebabkan PPKM Kembali di Level 2

“Bapemperda kemarin (Rabu) sudah rapat bersama eksekutif dan OPD (organisasi perangkat daerah) pengusul) untuk menjadwalkan pembahasan selanjutnya,” jelas politikus PKB tersebut.

OPD pengusul terdiri atas bagian hukum, bapenda, dinas kepemudaan dan olahraga, dinas kebudayaan dan pariwisata, dinas perindustrian dan tenaga kerja, dinas perdagangan dan usaha mikro, dinas pekerjaan umum bina marga dan penataan ruang, dan dinas lingkungan hidup.

“Perkiraan awal Oktober tahapan pembahasan empat raperda perubahan tersebut. Karena saat ini kami masih fokus merampungkan raperda P-APBD 2021,” tegas politikus asal Kecamatan Kedungadem itu. Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bojonegoro Edi Susanto menambahkan, target bulan ini antara badan anggaran (banggar) dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) menuntaskan raperda P-APBD 2021.

Kemudian, pembahasan raperda lainnya akan segera dibahas serta dijadwalkan di badan musyawarah (bamus). “Sepertinya untuk pembahasan raperda usulan pemkab itu sudah dimulai akhir September,” pungkasnya.

(bj/gas/msu/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news