alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Dinas Perpustakaan Mulai Jadwalkan Mobil Perpus Keliling ke Sekolah

17 September 2021, 15: 30: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

LITERASI: Pembaca mencari buku koleksi di perpus. Mulai siapkan dua mobil perpustakaan keliling visitasi ke sekolah.

LITERASI: Pembaca mencari buku koleksi di perpus. Mulai siapkan dua mobil perpustakaan keliling visitasi ke sekolah. (NURCHOLISH/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah mulai berjalan kembali. Mobil perpustakaan keliling pun mulai menjadwalkan visitasi ke sekolah-sekolah lagi. Karena selama pandemi Covid-19, dua mobil perpustakaan keliling terpaksa tidak bisa beroperasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bojonegoro Kamidin mengatakan, sekitar sepuluh sekolah mengajukan permintaan dikunjungi mobil perpustakaan keliling. Pihaknya mulai menjadwalkan kunjungan ke sekolah tersebut. Rencananya, dimulai Oktober. “Kami ada dua mobil perpustakaan keliling, jadi bisa kunjungan ke dua sekolah dalam sehari,” katanya.

Biasanya kunjungan mobil perpustakaan keliling tidak hanya datang membawa koleksi buku. Tetapi, pihaknya juga menambahkan layanan dongeng kepada siswa-siswi. Pihaknya bekerja sama dengan kampung dongeng Bojonegoro.

Baca juga: Asuransi Pertanian Hanya Kaver Petani Padi dan Usaha Ternak

Adapun sejak dimulainya PTM sekolah, pihaknya membentuk tiga tim dari bidang perpustakaan untuk visitasi ke SD, SMP, juga pondok pesantren (ponpes) menin daklanjuti akreditasi perpustakaan. Akreditasi itu dinilai perpustakaan nasional (perpusnas).

“Kami hanya memberikan formulir, memberikan rekomendasi menstandardisasi perpustakaan sekolah. Biasanya katalog buku atau penomorannya belum standar, jadi perlu perbaikan. Selanjutnya formulir akreditasi itu dikirim ke perpusnas untuk dinilai lebih lanjut,” ujar mantan kepala dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) itu.

Sementara itu, perpustakaan daerah masih belum dibuka untuk umum. Masyarakat diharapkan apabila ingin meminjam buku, bisa mengakses secara daring melalui laman inlis. “Mungkin besok Senin (20/9), perpusda baru buka,” ujar dia. 

(bj/rij/gas/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news