alexametrics
Jumat, 24 Sep 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Tuban Turun Status PPKM Level 2

14 September 2021, 17: 30: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Tuban Turun Status PPKM Level 2

Share this      

Radar Tuban - Baru lima hari berstatus level 1, Tuban turun status menjadi level 2 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Update terbaru tersebut tadi malam dirilis Pemprov Jatim. Sementara posisi level 1 berganti ditempati Sidoarjo, Pasuruan, Lamongan, Jember, Gresik, dan Banyuwangi.

Jika dibanding dengan update unggahan sebelumnya, hanya Bumi Wali yang turun dari level 1 ke level 2. Lamongan dan Pasuruan masih bertahan di posisi yang sama. Dalam unggahan resmi di Instagram Pemprov Jatim tertulis update level berdasarkan asesmen situasi Covid-19 terbaru oleh Kemenkes RI.

Kabar baiknya, dalam postingan itu tertulis Jatim masih nihil zona merah dan level 4. Dikonfirmasi Jawa Pos Radar Tuban, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban Bambang Priyo Utomo menjelaskan, turunnya Tuban dari level 1 ke level 2 salah satunya karena positivity rate kembali naik.

Baca juga: BPBD Klaim Lamongan Tidak Terimbas Kekeringan

Setelah sebelumnya nihil pasien Covid-19 di rumah sakit, kemarin Tuban kembali keda tangan 7 pasien baru. Rinci annya, 5 orang bergejala dira wat di rumah sakit dan 2 orang menjalani isoter (isolasi terpadu). Dokter lulusan Universitas Brawijaya (UB) Malang ini membeberkan, pasien baru tersebut didominasi warga Tuban yang tinggal di luar kota.

Empat orang dirawat di rumah sakit luar kota dan tiga lainnya di Tuban. Yakni, 1 orang di RSUD dr R. Koesma Tuban, 2 orang isoter di Tuban, dan 4 orang dirawat di rumah sakit luar Tuban. Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Darman menje laskan, kebijakan Tuban mengikuti acuan terbaru level per daerah.

Dalam acara motivasi di Aula Sanika Satyawada Polres Tuban kemarin siang, dia menyampaikan jika berstatus level 1, maka semua acara dan hajatan diizinkan dengan aturan 50 persen dari kapasitas tempat. ‘’Jika Tuban statusnya level 1, maka semua acara diizinkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,’’ tuturnya.

Terkait kebijakan lebih lanjut seputar Tuban level 1, kata Darman, saat ini bupati selaku ketua tim satgas masih akan membahas aturan itu. Namun, belum turun aturan kebijakan yang baru dari bupati, Tuban kembali turun status ke level 2. Praktis aturan mengacu pada kebijakan pekan lalu.

‘’Status bisa berubah-ubah. Jika ingin tetap level 1 berarti harus berkomitmen bersama untuk tetap taat prokes,’’ tegasnya. Mengacu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021 tentang PPKM level, kebijakan level 1 dan 2 jauh berbeda.

Pada sektor wisata dan olahraga, misalnya. Daerah level 1 boleh buka dengan maksimal 50 persen dari total kapasitas tempat. Sementara level 2 boleh buka dengan kapasitas maksimal 25 persen saja. Wisata dan semua izin keramaian dilarang digelar di daerah level 3 dan level 4.

(bj/ds/yud/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news