alexametrics
Jumat, 24 Sep 2021
radarbojonegoro
Home > Advertorial
icon featured
Advertorial

Bupati Yes Perjuangkan Pembukaan Wisata

Berdampak Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

13 September 2021, 09: 57: 49 WIB | editor : Nailul Imtihany

PEDULI MASYARAKAT : Bupati Yuhronur Efendi saat meninjau kesiapan Mazola, sebagai salah satu obyek wisata outdoor di Indonesia yang diizinkan dibuka.

PEDULI MASYARAKAT : Bupati Yuhronur Efendi saat meninjau kesiapan Mazola, sebagai salah satu obyek wisata outdoor di Indonesia yang diizinkan dibuka.

Share this      

Radar Lamongan – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (Yes) beserta forkopimda terus bekerja keras menghadapi sebaran Covid-19. Setelah sukses menurunkan status PPKM Lamongan menjadi level 1, fokus perhatiannya diarahkan untuk membangkitkan kondisi ekonomi masyarakat .

Salah satunya dengan memperjuangkan untuk dibukanya tempat wisata. Perjuangan itu ditunjukkan saat berkesempatan khusus melakukan zoom meeting dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito pada Sabtu (11/9).

Menurut Bupati Yes-sapaan akrabnya, hingga kemarin (12/9) dari 27 kecamatan di Lamongan, lima kecamatan sudah zona hijau dan lainnya zona kuning. Artinya, seluruh indikator melandai dan risikonya terkendali. Kondisi yang sudah kondusif tersebut mendorong para pelaku sektor pariwisata di Lamongan berharap agar obyek wisata bisa dibuka kembali. Sebab, penutupan tempat wisata berdampak luas. Tidak hanya menurunkan pajak dan retribusi, tapi juga menghentikan aktivitas ekonomi masyarakat yang berhimpitan dengan aktivitas wisata.

Baca juga: SMAN Widang, Sekolah Pinggiran Mengantarkan Mimpi Anak Anak Desa

‘’Bila obyek wisata dibuka, tentu multiplayer efect-nya sangat besar bagi perekonomian masyarakat,’’ tuturnya. Namun Bupati Yes mewanti-wanti kepada pelaku pariwisata, pengunjung, maupun para UMKM di sekitar tempat wisata agar tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. ‘’Harus diingat, meski kita sudah di level 1, Covid-19 belum habis. Sewaktu-waktu bisa melonjak lagi. Sehingga prokes ketat tak bisa ditawar-tawar,’’ tegasnya.

Pada saat bersamaan, obyek wisata andalan Lamongan, Maharani Zoo dan Goa Lamongan (Mazoola) masuk dalam salah satu obyek wisata outdoor di Indonesia yang akan dibuka untuk umum. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes dalam sidak kesiapan Mazoola, Paciran Sabtu (11/9).

“Mazoola menjadi salah satu obyek wisata outdoor yang masuk dalam uji coba pembukaan untuk umum, Kami menyambut baik hal ini, oleh karena itu, saat ini dilakukan sidak kesiapan Mazoola menyambut para pengunjung dengan protokol kesehatan,” ungkap Pak Yes.

Saat ini Mazoola telah masuk pada aplikasi PeduliLindungi sehingga salahsatu syarat agar dapat masuk pada wisata Mazoola yakni menggunakan aplikasi ini. “Jadi pengunjung harus menunjukkan aplikasi PeduliLindungi, artinya juga anak dibawah usia 12 tahun belum diperbolehkan masuk obyek wisata. Selain itu penerapan protokol Kesehatan yang ketat juga harus dilaksanakan oleh pengunjung, yakni memakai masker, penggunaan thermal scanner serta pembatasan jumlah pengunjung sebnayak 25% kapasitas dan jam operasional sampai pukul 16.00 wib.,” papar Bupati Yes.

Menurut Pak Yes ini adalah salahsatu upaya menggerakkan perekonomian di masa pandemi dengan aturan-aturan dan batasan sesuai dengan Inmendagri yang sudah dikeluarkan sesuai asesemen level PPKM. Selain pembukaan obyek wisata, dalam Inmendagri juga dijelaskan pembolehan hajatan dengan pengaturan-pengaturan.

Dalam Surat Edaran Nomor 443.2/112/413.011/2021 tentang PPKM Darurat Covid 19 Lamongan yang merujuk pada Inmendagri Nomor 39 Tahun 2021 tersebut dijelaskan, bahwa hajatan saat ini sudah diperbolehkan dengan pengaturan pemberlakukan protokol Kesehatan yang ketat, pembatasan jumlah undangan sebanyak 25% kapasitas ruangan.

Penyediaan fasilitas prokes seperti thermal scanner, masker, tempat cuci tangan, hand sanitizer serta berkoordinasi dengan satgas desa dan kecamatan untuk mulai menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

(bj/feb/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news