alexametrics
Jumat, 24 Sep 2021
radarbojonegoro
Home > Events
icon featured
Events

RSNU Tuban Raih Penghargaan Juara Paritrana Award 2020

10 September 2021, 10: 11: 25 WIB | editor : Nailul Imtihany

RSNU Tuban kembali mendapatkan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), mencapai 3.883.807 jam kerja tanpa kecelakaan kerja (zero accident award) terhitung sejak 1 Februari 2009 - 31 Oktober 2020. Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Ind

RSNU Tuban kembali mendapatkan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), mencapai 3.883.807 jam kerja tanpa kecelakaan kerja (zero accident award) terhitung sejak 1 Februari 2009 - 31 Oktober 2020. Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Ind

Share this      

Radar Tuban – Kepedulian dalam memerhatikan jaminan sosial tenaga kerja para takmir masjid di Tuban berbuah penghargaan bagi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Tuban yang ditahbiskan sebagai juara III Paritrana Award 2020.

Penghargaan tingkat nasional tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin secara virtual kemarin (9/8). Penyerahan Paritrana Award 2020 kepada Direktur RSNU Tuban dr. Didik Suharsoyo, M.ARS., M.M itu di selenggarakan virtual di Ruang Rapat Dandang Wacono, lantai 1 Setda Tuban.

Hadir Sekda Tuban Ir. Budi Wiyana, M.Si, dan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur Deny Yusyulian. Hadir juga Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tuban Sonny Alonsye, SH, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban Bambang Priyo Utomo, Kepala Dinas Koperasi, Perindustian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban Agus Wijaya, Kabid Hubungan Industrial Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Wadiono, dan sejumlah undangan lain.

Baca juga: Perbaikan Jalan Lingkungan Desa Berubah Menjadi Kewenangan Pemkab

KHIDMAT: Suasana penyerahan penghargaan Paritrana Award 2020 di Ruang Rapat Dandang Watjono lantai 1 Setda Tuban secara virtual.

KHIDMAT: Suasana penyerahan penghargaan Paritrana Award 2020 di Ruang Rapat Dandang Watjono lantai 1 Setda Tuban secara virtual.

Dalam sambutannya, Wapres K.H. Ma’ruf Amin menekankan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh masyarakat. Dia memberikan arahan agar seluruh pekerja ikut BPJS Ketenagakerjaan. ‘’Paritrana Award adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada pemerintah provinsi, kabupaten, atau kota, perusahaan, dan usaha kecil menengah yang memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat,’’ terangnya.

Direktur RSNU Tuban dr. Didik Suharsoyo, M.ARS., M.M mengatakan, program pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan kepada takmir masjid se-Tuban sudah lama dilakukan. Didik mengaku tak menyangka program RSNU Peduli tersebut diapresiasi dan diikutkan menjadi kandidat hingga dinyatakan layak sebagai juara III Paritrana Award 2020. ‘’Alhamdulillah terima kasih atas dukungan dan apresiasinya,’’ ucap Didik bersyukur.

Dokter lulusan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini mengucapkan rasa syukurnya atas penghargaan tersebut. Selama ini, rumah sakit yang memiliki tagline The Traditional Green Hospital dengan menerapkan prinsip guyub, rukun, kopen, dan kangen.

Dalam menerapkan kopen, RSNU Tuban melakukan berbagai program sosial. Salah satunya pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan kepada semua takmir masjid di Kabupaten Tuban. Didik menyampaikan, salah satu bentuk kegiatan kopen RSNU Tuban kepada masyarakat adalah memberikan perlindungan kepada takmir masjid.

Program sosial lain yang rutin dilakukan, antara lain, santunan anak yatim, ngosek masjid, operasi katarak gratis untuk masyarakat tidak mampu, pemeriksaan kesehatan gratis, cek kesehatan rutin untuk lansia, hospital tour bagi siswa, edukasi kesehatan, khitan masal, dan MOW – MOP.

Dengan rutinnya RSNU Tuban melakukan kegiatan sosial, Didik memastikan penghargaan bukanlah target utama. Yang menjadi prioritas adalah manfaatnya RSNU Tuban untuk sesama. Dia juga mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada RSNU Tuban. ‘’Ini bukan target kami, tapi penghargaan Paritrana Award ini adalah apresiasi pemerintah yang patut kami syukuri,’’ ucapnya.

Terpilih Juara dari Ratusan Ribu Badan Usaha

Paritrana Award adalah penghargaan yang diberikan pemerintah Indonesia kepada instansi atau badan usaha yang peduli terhadap tenaga kerja. Paritrana Award 2020 adalah penghargaan keempat yang diberikan pemerintah untuk pemerintah daerah atau badan usaha yang dianggap baik serta patuh melindungi segenap karyawan dan masyarakat.

Sekda Tuban Dr. Ir. Budi Wiyana, M. Si menyampaikan apresiasinya kepada RSNU Tuban yang sudah menjadi wakil Tuban dalam mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut. Penghargaan yang diberikan tersebut akan menjadi motivasi pemerintah daerah dalam meningkatkan perlindungan sosial para tenaga kerjanya.

‘’Paritrana Award ini adalah sebuah capaian, karena pemberian jaminan sosial tenaga kerja harus diniatkan ibadah,’’ kata dia.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur Deny Yusyulian mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan Paritrana Award tidaklah mudah. Dari ratusan ribu badan usaha yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan disaring melalui tahap seleksi yang panjang. Hingga akhirnya terpilih 157 perwakilan dari tiap provinsi dan terseleksi 9 perwakilan untuk presentasi.

Dari 9 finalis, RSNU Tuban mampu membuktikan hingga terpilih menjadi tiga besar. Deny mengatakan, Paritrana Award adalah bentuk apresiasi negara kepada badan usaha yang sudah hadir di tengah masyarakat dalam mewujudkan perlindungan sosial tenaga kerja.

‘’RSNU Tuban menginisiasi program pemberian jaminan sosial kepada takmir masjid. Inilah yang didorong oleh negara kepada pemerintah daerah dan peru sahaan,’’ tuturnya.

(bj/ds/yud/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news