alexametrics
Rabu, 20 Oct 2021
radarbojonegoro
Home > Events
icon featured
Events
TUBERNOVA

Dampingi Inovasi Masyarakat Dapatkan HaKI

24 Agustus 2021, 10: 25: 13 WIB | editor : Nailul Imtihany

KELAS PENDAMPINGAN: Puluhan inovator Tuban yang didampingi untuk mendapat edukasi terkait pentingnya HaKI.

KELAS PENDAMPINGAN: Puluhan inovator Tuban yang didampingi untuk mendapat edukasi terkait pentingnya HaKI. (YUDHA SATRIA A/RDR.TBN)

Share this      

Radar Tuban - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban berkomitmen untuk selalu memunculkan dan merawat inovasi masyarakat. Tidak hanya rutin menggelar Tuban Berinovasi (Tubernova), namun juga melakukan pendampingan inovasi masyarakat hingga mendapatkan hak kekayaan intelektual (HaKI). 

Kepala Bappeda Tuban Agung Triwibowo melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Abdul Afif mengatakan kelas pendampingan HaKI untuk pertama kalinya digelar awal tahun ini. Rencananya, acara serupa akan rutin digelar tiap tahun. Tujuannya agar masyarakat mendapat edukasi terkait pentingnya hak paten dan hak cipta suatu karya. “Kelas pendampingan yang digelar April tahun ini diikuti 28 peserta,” tutur Afif. 

Mantan Kasubbag Prolap Bappeda Tuban ini mengatakan kelas pendampingan HaKI dibagi menjadi dua sesi. Yakni webinar dan dilanjutkan kelas offline di Ruang Rapat Bappeda Tuban. Afif mengatakan hak cipta penting diketahui untuk melindungi karya dari plagiasi. “Jika inovasi sudah terdaftar di HaKI maka sudah dilindunngi undang-undang dari tindakan plagiasi,” tegas dia. 

Baca juga: HUT Ke-23 PAN, Santuni Anak Yatim- Duafa

Afif mengungkapkan kelas pendampingan HaKI diikuti antuasias oleh para inovator. Baik dari peserta Tubernova atau masyarakat umum. Melalui edukasi tersebut, masyarakat diberi informasi bahwa HaKI tidak selalu berkaitan dengan mahasiswa perguruan tinggi. Masyarakat umum yang memiliki ide, inovasi, dan karya juga bisa mendapat perlindungan dari negara jika didaftarkan HaKI. “Ini yang perlu edukasi,” ungkapnya. 

Sementara itu, pendaftaran Tubernova 2021 saat ini masih dibuka hingga akhir September. Artinya masih ada sekitar satu bulan untuk memperebutkan kejuaraan bergengsi dengan total hadiah Rp 30 juta tersebut. Untuk selengkapnya masyarakat bisa mengetahui teknis penyelenggaraan lomba melalui bit.ly/TUBERNOVA-2021. “Tubernova adalah bentuk apresiasi Pemkab Tuban untuk inovasi masyarakatnya, jadi hanya bisa diikuti warga Tuban,” kata Afif. 

(bj/ds/yud/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news