alexametrics
Jumat, 23 Jul 2021
radarbojonegoro
Home > Pembaca
icon featured
Pembaca

Pelatihan Hidroponik Dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Oleh: Bakhtiar Effendy

22 Juli 2021, 11: 40: 43 WIB | editor : Nailul Imtihany

Pelatihan Hidroponik Dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Share this      

Halo para pembaca setia Radar Bojonegoro, perkenalkan saya Bakhtiar Effendy Anggota Kelompok 19 Pengabdian masyarakat  dari Universitas Trunojoyo Madura. Bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Prita Dellia, S.Kom., M.Kom saya dibimbing untuk melakukan Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Kemamang Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro yang dimulai pada tanggal 23 Mei 2021 hingga 17 Juli 2021. Kegiatan tersebut berupa pelatihan terhadap warga khususnya anak-anak di Desa Kemamang, Balen Kabupaten Bojonegoro dilakukan pada hari Kamis, 8 Juli 2021 tentang pemanfaatan barang (botol plastik) bekas sebagai sarana Hidroponik. Hidroponik diatas merupakan budidaya tanaman yang memanfaatkan media air tanpa mengunakan media tanah lagi dengan menggunakan bahan tadah air dari botol plastik bekas.

Berikut adalah paparan atau penjelasan saya terkait kegiatan tersebut, yang mencakup pengertian hidroponik, manfaat penggunaan kembali botol plastik bekas dan juga cara membuat Hidroponik menggunakan sarana botol plastik bekas.

Pengertian hidroponik

Baca juga: SIG Pabrik Tuban Peduli, Salurkan 38 Hewan Kurban

Hidroponik adalah suatu budidaya menanam dengan mamakai (memanfaatkan) air tanpa memakai tanah dan menekankan penumbuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Kebutuhan air pada tanaman hidroponik lebih sedikit dibandingkan kebutuhan air pada budidaya dengan memakai media tanah. Hidroponik memakai air yang lebih efisien, jadi sangat cocok diterapkan pada daerah yang mempunyai pasokan air yang terbatas.

Hidroponik (hydroponic) berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang mamanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilles. Pemilihan jenis tanaman yang akan dibudidayakan untuk skala usaha komersial harus diperhatikan. Sebagai contoh jenis tanaman yang mempunyai nilai jual di atas rata-rata, yaitu: Paprika, Tomat, Timun Jepang, Melon, Terong Jepang, dan Selada. Selain jenis tanaman itu, banyak lagi yang dapat dibudidayakan dengan teknik hidroponik apabila dilakukan hanya pada kegiatan hobi saja.

Bertanam dengan sistem hidroponik, dalam dunia pertanian bukan merupakan hal yang baru. Namun demikian hingga kini masih banyak masyarakat yang belum tahu dengan jelas bagaimana cara melakukan dan apa keuntungannya. Dalam kajian bahasa, hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air dan ponos yang berarti kerja. Jadi, hidroponik memiliki pengertian secara bebas teknik bercocok tanam dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, atau dalam pengertian sehari-hari bercocok tanam tanpa tanah.

Manfaat pengunaan kembali botol plastik yang tidak terpakai sebagai sarana membuat Hidroponik

Menurut data dari The National Plastic Action Partnership (NPAP) mencatat bahwa Indonesia menghasilkan sampah plastik kurang lebih sejumlah 4,8 juta ton per tahun. Selain itu pengelolaan terhadap sampah plastik juga tidak ditangani dengan benar, seperti dibakar di ruang terbuka sebanyak 48%, tidak dikelola dengan layak di tempat pembuangan sampah resmi presentase sebayak 13% dan sebanyak 9% mencemari saluran air dan laut.

Berikut adalah manfaat penggunaan kembali botol plastik bekas:

1.      Mengurangi pencemaran akibat sampah, menghemat energi, dan menjaga sumber daya alam

2.      Mencegah timbulnya penyakit di sekitar

3.      Menambah pengetahuan dan mengasah kreatifitas

4.      Menghemat pengeluaran

5.      Menambah penghasilan

Cara Pembuatan Hidroponik Menggunakan Barang (Botol Plastik) Bekas

Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat hidroponik dengan mengunakan botol plastik bekas :

1.      Botol plastik bekas

2.      Gelas air mineral bekas (220 ml)

3.      Busa

4.      Kawat bendrat atau tali wol

Alat-alat yang di perlukan untuk membuat hidroponik dengan mengunakan botol plastik bekas :

1.      Gunting

2.      Cutter

3.      Tang

4.      Solder

5.      Spidol

Cara pembuatan hidroponik dengan mengunakan botol plastik bekas :

1.      Siapkan botol plastik bekas, kemudian beri tanda dengan spidol untuk menandai area yang akan dipotong.

2.      Setelah itu potong area yang telah ditandai, kemudian lubangi botol plastik tersebut di bagian sisi kanan dan kiri menggunakan solder untuk menempatkan kawat yang sudah diputar-putar membentuk spiral dengan tang sebagai penopang gantung.

3.      Siapkan gelas air mineral bekas  (220 ml ) kemudian potong bagian atas gelas dengan cuter  dan lubangi bagian bawah gelas tersebut kurang lebih 5 lubang kecil dengan solder agar air dapat meresap.

4.      Lalu siapkan busa dan potong menjadi ukuran kecil menggunakan cutter

5.      Kemudian masukkan busa kecil tersebut kedalam gelas yang telah disebutkan dalam step 3, selanjutnya gabungkan dengan botol yang telah dipotong dan diisi air.

6.      Masukkan biji tanaman yang kalian inginkan (seperti biji sayur selada, sawi putih dan lain-lain) kedalam busa yang ada di step 5.

7.      Terakhir, gantungkan tanaman hidroponik tersebut ditempat yang memiliki kecukupan cahaya matahari.

8.      Optional, kalian bisa menghias botol tersebut sebelum digantungkan agar terlihat lebih menarik.

Sekian penjelasan dari saya yang dilatarbelakangi oleh rasa prihatin terhadap jumlah sampah plastik di Indonesia yang mayoritas tidak dikelola dengan baik sehingga berakibat penderitaan pada alam. Untuk itu saya berinisiatif untuk membuat hidroponik menggunakan sarana botol plastik bekas sebagai bahan edukasi terhadap masyarakat Indonesia khususnya anak-anak di Desa Kemamang Bojonegoro. Sehingga dengan adanya kegiatan ini saya berharap dapat meningkatkan kesadaran mereka agar dapat mengubah sampah menjadi barang yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Bakhtiar Effendy, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura | 082230329961 | Jl. Basuki Rahmat Gg Ma’ruf Nomor 126 Kelurahan Mojokampung Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro.

(bj/*/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news