alexametrics
Jumat, 23 Jul 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro
Pelebaran Jalan Bojonegoro - Kapas

DPRD Minta Pemasangan Pipa Jaringan Gas Bojonegoro-Kapas Dikebut

21 Juli 2021, 15: 30: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

JARINGAN GAS: Seminggu ini Jalan Raya Bojonegoro-Kapas, sisi utara terdapat penggalian dan pemasangan pipa jargas. Meski kemarin hari libur, pengerjaan tetap berlangsung karena target tahun ini tuntas.

JARINGAN GAS: Seminggu ini Jalan Raya Bojonegoro-Kapas, sisi utara terdapat penggalian dan pemasangan pipa jargas. Meski kemarin hari libur, pengerjaan tetap berlangsung karena target tahun ini tuntas. (NURCHOLISH/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Sebanyak 10 ribu rumah di Bojonegoro bakal terpasangi jaringan gas (jargas). Saat ini pipa jargas itu tengah dipasang. DPRD Bojonegoro minta pemasangan pipa itu harus dikebut.

Hingga kini targetnya masih minim. Penggalian dan pemasangan pipa jargas dikebut. Sepekan ini akses Jalan Raya Bojonegoro-Kapas, persisnya mulai gerbang masuk kota hingga Desa Tikusan, Kecamatan Kapas, dihimpit proyek. Sisi utara jalan terdapat proyek penggalian pipa jariangan gas (jargas).

Bahkan kemarin (20/7) seiring hari libur, penggalian tetap berlangsung. Sedangkan, selatan jalan terdapat proyek pelebaran Jalan Bojonegoro-Balen. Wakil Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro Sigit Kushariyanto mengatakan, pemasangan pipa dan sambungan ke rumah warga harus dipercepat. Targetnya tahun ini harus tuntas. Semakin cepat akan semakin bagus. ‘’Saya sudah sidak ke lokasi. Progresnya baru 10 persen,’’ jelasnya kemarin.

Baca juga: Euforia Idul Adha, Hati Hati Konsumsi Daging Berlebihan

Menurut Sigit, tahap pertama jargas ini akan mengoneksi ke 10 ribu sambungan rumah (SR). Sekitar 4.000 ada di kawasan Bojonegoro Kota. Sisanya 6.000 sambungan ada di Kecamatan Gayam dan Kecamatan Ngasem.

‘’Kami sudah mengajukan, setelah ini selesai tahun depan ditambah lagi sambungannya,’’ tutur politikus Partai Golkar itu. Sigit menjelaskan, jargas program Dirjen Minyak dan Gas Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Program itu sudah diusulkan sejak lama. Namun, baru direalisasi tahun ini.

Gas yang akan memasok jargas itu adalah dari pipa gas Gresik-Semarang dikelola PT PGN. Hingga kini belum diketahui kapan akan beroperasi. ‘’Ya tentunya menunggu gas Gresik-Semarang beroperasi,’’ jelasnya

Saat ini, pemasangan pipa tengah dilaksanakan oleh rekanan. Rekanan melaksanakan pemasangan adalah PT Hutama Karya (HK). Pemasangan baru dilakukan di jalur utama. Belum sampai masuk ke pipa jaringan di rumah-rumah warga. ‘’Karena itu, kami di Komisi B minta agar pemasangan pipa dipercepat,’’ jelasnya.

Rencananya, terminal jargas itu akan dibangun di Kecamatan Kapas. Persisnya di depan Dinas Perdagangan (Disdag) Bojonegoro. Dari situ, gas akan dialirkan ke terminal lebih kecil. Setelah baru didistribusikan ke sambungan di rumah-rumah warga. ‘’Jargas ini nanti akan membantu warga. Ini lebih hemat dibanding elpiji,’’ jelasnya.

(bj/rij/zim/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news