alexametrics
Jumat, 23 Jul 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Masjid Ditutup Sementara, Salat Idul Adha di Rumah Saja

19 Juli 2021, 13: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

DITUTUP SEMENTARA: Selama penerapan kebijakan PPKM darurat Masjid Darussalam ditutup sementara, untuk menekan sebaran Covid-19.

DITUTUP SEMENTARA: Selama penerapan kebijakan PPKM darurat Masjid Darussalam ditutup sementara, untuk menekan sebaran Covid-19. (LUKMAN HAKIM/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Masjid Agung Darussalam dan Masjid At-Taqwa tidak menggelar salat Hari Raya Idul Adha besok (20/7). Tujuannya menghindari kerumunan, masyarakat diimbau untuk salat di rumah masing-masing.

Sedangkan peyembelihan tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat. Ketua Yayasan Masjid Agung Darussalam Bojonegoro Lugito Abdul Kadir menjelasakan, pengurus takmir sepakat tidak menggelar salat Idul Adha berjamaah di Masjid di Jalan Hasyim Asyari itu.

Kebijakan tersebut diambil karena perpanjangan kebijakan PPKM darurat sampai akhir juli. Masyarakat diminta salat di rumah masing-masing. “Mengantisipasi terjadi kerumunan dan sesuai dengan anjuran pemerintah,” ujarnya kemarin (18/7).

Baca juga: Penyulingan Minyak Mentah Kedewan Hangus Terbakar

Namun, penyembelihan hewan kurban tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) ketat. Saat ini hewan kurban di Masjid Agung Darussalam sudah ada delapan sapi, dan beberapa kambing serta domba siap dikurbankan. Kemungkinan jumlahnya akan bertambah. “Kami belum bisa memastikan jumlah pastinya karena belum final,” ujarnya.

Sebelumnya Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Bojonegoro Abdullah Khafid menjelaskan, pihaknya telah memberikan surat edaran kepada semua pengurus masjid di Bojonegoro. Agar tidak menggelar salat Idul Adha berjamaah di masjid dan menganjurkan untuk salat di rumah masing-masing. “Kami sudah sosialisasikan melalui KUA di masing-masing kecamatan,” katanya.

Di tempat lain Pengurus Masjid At-Taqwa, Sholikhin Jamik menjelaskan pelaksanaan salat Idul Adha ditiadakan. Hal itu dikarenakan kebijakan PPKM darurat yang saat ini diperpanjang sampai akhir Juli. Sedangkan untuk penyembelihan kurban dipastikan tetap ada. “Daging yang dibagikan akan membantu masyarakat,” tuturnya.

(bj/msu/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news