alexametrics
Jumat, 23 Jul 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

PPKM Diperpanjang, Buruh Berharap Tak Ada PHK

15 Juli 2021, 16: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

PPKM Diperpanjang, Buruh Berharap Tak Ada PHK

(NURCHOLISH/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro – Rerata buruh khawatir dengan rencana kebijakan perpanjangan PPKM darurat. Karena mengancam pemutusan hubungan kerja (PHK), dan jaminan sosial. Pemerintah diminta memberikan jaminan saat kebijakan diterapkan.

Ketua Umum Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bojonegoro Yusriah mengatakan, pihaknya kawatir ada PHK jika rencana PPKM darurat diperpanjang sampai enam minggu. Terutama bagi pekerja yang sedang magang. “Misalkan seminggu dua minggu perusahaan masih bisa mem-back up gaji buruh,” katanya kemarin (14/7).

Yusriah mengungkapkan, saat ini perusahaan tempatnya bekerja sedang melakukan pembatasan masuk kerja bagi para buruh saat PPKM darurat ini. Sedangkan produksi perusahaan bulan ini meningkat, bahkan sebenarnya akan ada lembur kerja.

Baca juga: Dampak PPKM, Omzet UMKM Terus Menurun

Perusahaannya berkomitmen, walapun jam kerja dikurangi tetap digaji seperti biasa. Namun, jika PPKM darurat diperpanjang khawatir perusahaan tidak bisa memberikan gaji dan berdampak pada buruh yang bekerja. “Biasanya perusahaan kami bekerja cukup patuh dengan aturan yang diberlakukan pemerintah,” ujarnya.

Ketua Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Bojonegoro Al Amrozi mengatakan, pada dasarnya buruh di bawah serikatnya ingin PPKM darurat tidak diperpanjang, dan berakhir 20 juli. “Beberapa buruh di saburmusi ada yang bekerjanya tidak penuh, yang kedua harus bawa surat antigen negatif, yang cukup menyulitkan buruh,” katanya terpisah.

Menurut Amrozi, kalau kebijakan diperpanjang akan berpengaruh kepada kondisi pekerja di Bojonegoro. Jika terpaksa ada perpanjangan, pemerintah harus menjamin hak-hak buruh. Mulai vaksinasi, bantuan sosial, serta menjamin tidak adanya pemutusan kontrak kerja. “Perlindungan buruh harus diutamakan,” tuturnya. (luk)

(bj/msu/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news