alexametrics
Jumat, 23 Jul 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Pasien Covid Meningkat, Ruang Isolasi Penuh Meski Sudah Ditambah

15 Juli 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Pasien Covid Meningkat, Ruang Isolasi Penuh Meski Sudah Ditambah

(AINUR OCHIEM/RDR.BJN)

Share this      

Radar Tuban – Upaya pemerintah dalam menghentikan laju penularan Covid-19 melalui kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat seperti sedikit terlambat. Itu terlihat dari pertambahan kasus baru yang masih terus muncul selama hampir dua pekan pelaksanaan PPKM darurat.

Alih-alih menunjukkan tanda melandai, angka kasus terkonfirmasi positif justru menunjukkan tren peningkatan yang sangat signifikan. Bahkan, beberapa kali sukses memecahkan rekor negatif-pertambahan kasus baru terbanyak sepanjang Covid-19 masuk ke Tuban pada April 2020.

Pasien yang dirawat di RSUD dr R. Koesma Tuban, misalnya. Hingga tadi malam belum terlihat tanda-tanda penurunan pasien. Sebaliknya, pasien baru terus bertambah hingga melebihi 75 persen dari kapasitas aman tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy (BOR), bahkan hampir mendekati overload.

Baca juga: Proyek Trotoar & Drainase Terkendala Kabel dan Pipa

Dikonfirmasi Jawa Pos Radar Tuban, Direktur RSUD dr R. Koesma Tuban Saiful Hadi mengatakan, hingga tadi malam jumlah pasien yang men jalani perawatan di ruang isolasi khusus pasien Covid-19 sebanyak 113 orang. Jumlah tersebut belum termasuk pasien confirm positif yang masih menjalani perawatan di ruang ICU. ‘’Di ruang ICU ada lima pasien,’’ kata Saiful.

Dengan demikian, total pasien Covid-19 di rumah sakit pelat merah tersebut sebanyak 118 pasien. Saiful menyampaikan, RSUD terus melakukan penambahan ruang untuk pasien Covid. Sebelumnya, 122 ruangan, sekarang 168 ruangan. Andai saja tidak segera ditambahan ruang, kapasitanya hampir pasti overload.

‘’Kalau kondisinya seperti ini terus, berapa pun ruang yang disediakan pasti penuh,’’ tegas Saiful. Karena itu, kata dia, tidak bisa kondisi dibiarkan terus menerus seperti sekarang ini. Mantan kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban ini menegaskan, harus segera ada langkah taktis penanganan Covid-19 di wilayah hulu. Termasuk kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. ‘’Di hulu harus segera tertangani, jika tidak, di hilir akan selamanya seperti ini,’’ tandasnya. 

(bj/ds/tok/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news