alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Kerusakan Jalan Akibat Penambangan Pasir Kian Meluas

10 Juni 2021, 13: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

KIAN PARAH: Kondisi kerusakan jalan di Desa Pulogede, Kecamatan Tambakboyo yang bertambah parah akibat aktivitas truk penambang pasir kuarsa yang melintas setiap hari.

KIAN PARAH: Kondisi kerusakan jalan di Desa Pulogede, Kecamatan Tambakboyo yang bertambah parah akibat aktivitas truk penambang pasir kuarsa yang melintas setiap hari. (AHMAD ATHO’ILLAH/RDR.TBN)

Share this      

Radar Tuban – Kerusakan jalan yang dipicu aktivitas penambang pasir kuarsa di wilayah Kecamatan Tambakboyo kian meluas. Setelah jalan poros Desa Tlogoagung, kerusakan sedang hingga berat juga terjadi di jalan poros Desa Pulogede, Sotang, Cokrowati, dan Belikanget, kecamatan setempat.

Selain karena lama tidak diperbaiki, kerusakan diduga diperparah dengan aktivitas truk penambang pasir kuarsa yang setiap hari melintas di jalan tersebut. Sampai saat ini belum ada perbaikan dari Pemkab Tuban.

Begitu juga perusahaan tambang pasir kuarsa. Mereka belum berinisiatif memperbaiki kerusakan infrastruktur jalan tersebut. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Tuban Agung Supriyadi mengakui, rata-rata kerusakan jalan poros desa di wilayah Kecamatan Bancar karena padatnya aktivitas truk pengangkut pasir kuarsa, yang semestinya tidak memenuhi stan dar tonase untuk melintas di jalan poros desa tersebut. ‘’Itu yang memicu kerusakan jalan lebih cepat,’’ tegasnya.

Baca juga: Pemakaian Tempat Tidur Pasien Covid Naik 120 Persen

Agung mengatakan, perbaikan jalan dengan kerusakan berat tersebut masih dalam proses lelang. ‘’Kalau untuk kerusakan ringan seperti tambal sulam sudah langsung dikerjakan oleh masing-masing UPTD,’’ terang mantan kabag administrasi pembangunan dan ULP setda itu. Karena itu, masyarakat harus menunggu selesainya tender proyek perbaikan jalan selesai. Minimal sebulan ke depan. Setelah itu perbaikan dilaksanakan. 

(bj/ds/tok/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news