alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Tahap Pertama PPDB SMPN Rebutkan 2005 Kursi

07 Juni 2021, 14: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Tahap Pertama PPDB SMPN Rebutkan 2005 Kursi

(AINUR OCHIEM/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Tahap pertama penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMPN, pendaftar merebutkan pagu 2005 kursi. Tahap pertama dibuka hari ini (7/6) terdiri dari jalur afirmasi dengan pagu sebesar 15 persen atau 1.504 kursi, dan perpindahan orang tua dengan pagu 5 persen atau 501 kursi dari total pagu 10.029 kusi.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro Suyanto menjelaskan, pendaftaran PPDB tahap pertama dibuka hari ini. Dua jalur pada tahap pertama berupa jalur afirmasi dan perpindahan orang tua dengan pagu 20 persen dari total pagu. “Pagu jalur afirmasi 15 persen dan perpindahan orang tua 5 persen,” katanya kemarin (6/6).

Suyanto menjelaskan, pendaftar pada dua jalur ini bisa memilih SMPN di dalam maupun luar zona. Namun, jika pendaftar melebihi pagu tersedia, diprioritaskan pendaftar dengan jarak terdekat dengan SMPN. “Pendaftar disabilitas juga diprioritaskan,” jelasnya Yanto menambahkan, diprioritaskannya pendaftar dengan domisili terdekat dengan SMPN, karena dalam jalur afirmasi dan perpindahan orang tua, salah satu persyaratan adalah titik koordinat tempat tinggal.

Baca juga: Persentase Kematian Covid di Tuban Kedua Tertinggi se-Jatim

Selain kartu indonesia pintar (KIP), kartu keluarga sejahtera (KKS), kartu bantuan pangan nontunai (KBPNT), dan kartu lain yang dikeluarkan oleh dinas sosial untuk jalur afirmasi. “Jalur perpindahan orang tua bukti surat penugasan dari instansi atau lembaga pemerintah,” terangnya.

Terkiat pendaftar dari anak buruh yang di PHK selama pandemi korona, kata dia, pendaftar bisa mendaftar melalui jalur zonasi. Sebab pagu terbesar ada di jalur tersebut. “Jalur zonasi 80 persen dari total pagu,” ungkapnya.

Jika pendaftar tidak memenuhi pagu pada jalur afirmasi dan perpindahan orang tua, sisa pagu akan masuk pada jalur prestasi, terdiri dari sisa pagu jalur afirmasi, perpindahan orang tua, dan zonasi. “Jalur hasil prestasi jalur terakhir,” tutupnya. (irv) 

(bj/msu/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news