alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Deadline Vaksinasi Guru Tinggal Sebulan

05 Juni 2021, 15: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

MASIH UJI COBA : PTM terbatas SMPN yang dilakukan untuk persiapan pembelajaran tahun ajaran baru 17 Juli.

MASIH UJI COBA : PTM terbatas SMPN yang dilakukan untuk persiapan pembelajaran tahun ajaran baru 17 Juli. (YUDHA SATRIA ADITAMA/RDR.TBN)

Share this      

Radar Tuban – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendik bud Ristek) memutuskan pembelajaran tatap muka (PTM) dimulai 17 Juli. Berarti deadline vaksinasi untuk para pendidik masih sekitar satu bulan.

Dinas Pendidikan (Disdik) Tuban mengklaim saat ini vaksinasi guru jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP di Tuban sudah mencapai 80 persen atau masih kurang 20 persen. Kepala Disdik Tuban Nur Khamid mengatakan, vaksinasi guru saat ini tinggal sedikit yang belum tuntas.

Dijelaskan dia, dari total 12.949 guru yang terdata untuk imunisasi, vaksinasi sudah mencapai sekitar 80 persen. Julmah tersebut terdiri dari guru di jenjang KB (kelompok bermain), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP). ‘’Sudah men capai 80 persen,’’ tuturnya.

Baca juga: 7 Tahun Radar Tuban, Terus Bertahan dan Menjaga Eksistensi Surat Kabar

Mantan sekretaris Disdik Tuban ini menjelaskan, mengacu aturan Kemendikbud Ristek, syarat mutlak PTM adalah semua pendidik dan tenaga kependidikan sudah divaksin. Sehingga semua guru diupayakan wajib sudah divaksin sebelum hari pertama tatap muka 17 Juli. ‘’Lembaga pen didikan yang memiliki guru masih belum divaksin harus segera koordinasi dengan dinkes. Semua guru harus sudah divaksin sebelum tahun ajaran baru dimulai,’’ tegasnya.

Seperti diketahui, Kemendikbud Ristek sudah menegaskan PTM serentak se-Indonesia pada 17 Juli dengan beragam ketentuan sesuai protokol kesehatan. Antara lain, waktu belajar di sekolah hanya 4 jam, setiap jam pelajaran hanya 30 menit, dan waktu istirahat 30 menit. Sementara kuota setiap harinya dibatasi.

Untuk jenjang PAUD maksimal 5 siswa, SD 18 siswa, SMP 18 siswa, SMA 18 siswa, dan SLB 5 siswa. Mantan kepala SMAN 1 Soko ini mengatakan, uji coba PTM terbatas di Tuban sudah mulai sejak pertengahan April lalu. Uji coba menerapkan aturan terbaru dari Kemendikbud. Sehingga, pada PTM terbatas 17 Juli mendatang, tinggal melanjutkan uji coba yang saat ini sudah berjalan. ‘’Uji coba PTM terbatas selama ini belum ada catatan khusus, sehingga tinggal melanjutkan dan menyesuaikan dengan aturan baru,’’ kata Nur Khamid.

Pendidik yang juga ketua LP Ma’arif NU Tuban ini menegaskan, jika pada 17 Juli masih ada lembaga pendidikan yang mayoritas gurunya belum divaksin, maka sekolah tersebut tidak bisa ikut PTM. Sementara sekolah diberi toleransi ikut PTM jika persentase guru yang belum divaksin tidak lebih dari lima persen. ‘’Dengan catatan, guru yang belum divaksin tersebut tidak boleh ikut mengajar tatap muka sementara waktu sampai dia ikut divaksin,’’ tegasnya.

(bj/wid/yud/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news