alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

PPDB SMPN Mulai Senin, Utamakan Jenjang Zonasi

03 Juni 2021, 14: 30: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

PPDB SMPN Mulai Senin, Utamakan Jenjang Zonasi

(AINUR OCHIEM/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Petunjuk teknis (juknis) penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMPN rampung dibahas kemarin (2/6). Dan pendaftaran PPDB bisa dimulai Senin (7/6) depan. Digelar empat jalur. Yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua, dan jalur prestasi nilai akademik. Dengan minimal pagu jalur zonasi 50 persen dari total pagu.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro Suyanto mengatakan, juknis baru diselesaikan kemarin, terdapat sedikit revisi. Setelah diverifikasi Dinas Pendidikan Jawa Timur. “Juga adanya perbup terkait PPDB SMPN,” katanya.

Suyanto memastikan, PPDB SMPN mulai dibuka Senin nanti dengan jalur zonasi minimal 50 persen dari total pagu. Adanya jalur zonasi untuk menghilangkan pandangan masyarakat terkait sekolah unggulan. Juga membuat siswa tidak bersekolah jauh dari tempat tinggal.

Baca juga: Cold Storage Pasar Ikan Belum Dibangun, Ajukan Anggaran Lagi

“Anak jangan sekolah jauh-jauh. Idealnya jalur zonasi minimal 50 persen dari total pagu,” ujar mantan kabid di dinas kebudayaan dan pariwisata itu.

Suyanto menjelaskan, nantinya setiap rombongan belajar (rombel) pada SMPN akan diisi 32 siswa. Jumlah rombel tergantung kemampuan 49 SMPN di Bojonegoro. “Untuk jumlah total rombel ada di juknis,” ujarnya.

Mengacu tahun lalu, terdapat SMPN yang pagunya tidak terpenuhi. Sebab di setiap kecamatan terdapat dua hingga tiga SMPN. Karena itu, pihaknya telah berkoordinasi dan mendorong agar pagu tetap terpenuhi.

Sementara itu, PPDB SMP Model Terpadu (MT) sudah selesai pengumuman. Suyanto memastikan, SMP MT berbasis sekolah asrama, sehingga diperbolehkan melakukan PPDB lebih awal. (irv)

(bj/rij/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news