alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Kandidat Direktur BUMD Pangan Harus Mengerti Bisnis Pertanian

11 Mei 2021, 18: 40: 15 WIB | editor : Nailul Imtihany

PADI: Petani di Sumberrejo menebar pupuk. Pemkab bentuk BUMD pangan untuk sektor agraria.

PADI: Petani di Sumberrejo menebar pupuk. Pemkab bentuk BUMD pangan untuk sektor agraria. (NURCHOLIS/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Pembentukan BUMD Pangan Mandiri ditargetkan tahun ini. Termasuk pembentukan badan hukum dan pengisian manajemen. DPRD meminta seleksi direktur dan komisaris dilakukan secara terbuka. Rencananya, ada dua direktur dan dua komisaris akan diisi.

Penunjukan direktur dan komisaris BUMD Pangan Mandiri ini tepat. Kandidat direktur harus mengetahui bisnis pertanian. Ketua Pansus BUMD Pangan Mandiri DPRD Bojonegoro Lasuri mengatakan, saat ini pembentukan BUMD itu masih tahapan penyelesaian regulasi. Yakni, peraturan daerah (perda). Saat ini raperda masih difasilitasi di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. ‘’Untuk raperda Perumda Pangan Mandiri saat ini masih di biro hukum provinsi. Me nunggu fasilitasi dari provinsi,’’ jelasnya.

Politikus Fraksi PAN itu melanjutkan, alokasi anggaran BUMD Pangan juga sudah disiap kan. Pada APBD 2021 disiapkan Rp 15 miliar. Dilan jutkan pada APBD Perubahan nanti akan dianggarkan Rp 10 miliar. Sehingga, penyertaan modal tahun ini genap Rp 25 miliar.

Baca juga: Pendistribusian Program Sembako di Soko Layak, Sesuai Keinginan KPM

Wakil Ketua Komisi B DPRD Sigit Kushariyanto mengatakan, setelah diundangkan, proses selanjutnya pembentukan badan hukum perusahaan. Proses itu akan berlangsung tahun ini juga. ‘’Selain itu, juga akan berlangsung seleksi pengisian manajemen perusahaan. Mulai direktur hingga komisaris atau dewan pengawas,’’ jelasnya.

Sesuai perda, lanjut Sigit, komposisi direktur ada dua orang. Yakni, direktur utama dan direktur operasional. Komposisi dewan komisaris juga ada dua. Yakni, komisaris mewakili pemkab atau pemegang saham dan yang mewakili masyarakat. Pemkab nantinya akan membuat panitia seleksi (pansel) rekrutmen itu.

Rektrutmen direktur dan komisaris harus secara terbuka. Harus diumumkan secara terbuka di media massa. ‘’Orangnya harus mengerti benar bisnis pertanian. Jangan sampai asal-asalan dapat orang,’’ jelasnya.

Sigit belum mengetahui benar konsep usaha BUMD baru itu. Namun, BUMD itu nantinya bertugas menstabilkan harga gabah petani. Sehingga, saat panen raya harga gabah tidak jatuh terlalu murah. Sementara itu, Kabag Pereko nomian dan Sumber Daya Alam Setda Budi Sukisna belum berkomentar terkait BUMD baru itu. Saat dikonfirmasi tidak menjawab.

(bj/rij/zim/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news