alexametrics
Minggu, 16 May 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Sehari 500 Pemohon, Blangko E-KTP Cukup Dua Bulan

04 Mei 2021, 17: 30: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Sehari 500 Pemohon, Blangko E-KTP Cukup Dua Bulan

Share this      

Radar Bojonegoro - Pencetakan e-KTP terus meningkat. Dalam sehari jumlah pencetakan bisa mencapai 500 keping. Diprediksi permintaan akan meningkat usai Lebaran mendatang. Meski demikian, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bojonegoro memastikan pasokan blangko masih aman hingga dua bulan.

Kepala Disdukcapil Muhammad Chosim mengatakan, permohonan pencetakan e-KTP memang cukup banyak. Dalam sehari rata-rata bisa mencapai 500 keping. Dalam sebulan kebutuhan blangko mencapai 15 ribu keping. ‘’Rata-rata sehari ya itu,’’ ungkapnya kemarin (3/5).

Saat ini, pasokan blangko e-KTP di disdukcapil mencapai 20 ribu keping. Chosim memastikan jumlah itu cukup untuk kebutuhan dua bulan ke depan. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi saat kebutuhan blangko naik tajam. ‘’Sampai akhir bulan ini saya kira tidak akan ada lonjakan,’’ ungkapnya.

Baca juga: Wabup: ASN Nekat Mudik Bisa Dipecat

Chosim menjelaskan, sudah mengantisipasi jika pasokan menipis dalam waktu dekat. Yakni dengan berkoordinasi dengan pemerintah pusat lebih awal. Usai Lebaran nanti jika ada permintaan blangko pengirimannya bisa lebih lambat. Saat ini, pencetakan e-KTP tidak hanya di Mal Pelayanan Publik. Namun, juga dilakukan di kecamatan. Sehingga, pencetakan e-KTP tidak terpusat di kota. ‘’Prosesnya juga cepat, hanya 5 sampai 10 menit,’’ jelasnya.

Selain itu, persediaan blangko di pusat juga cukup aman. Permintaan juga cepat direspons. Sehingga, pengiriman blangko e-KTP dipastikan juga cepat. Pencetakan blangko e-KTP sebagian besar dilakukan oleh pemula. Yakni, mereka belum pernah punya e KTP. Sedangkan, yang perbaikan data atau lainnya, juga masih ada. ‘’Pencetakan beragam. Ada yang pemula dan yang tua,’’ jelasnya.

(bj/rij/zim/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news