alexametrics
Minggu, 16 May 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

545 Pendaftar Berebut 28 Perangkat Desa

04 Mei 2021, 16: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

545 Pendaftar Berebut 28 Perangkat Desa

(AINUR OCHIEM/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Animo masyarakat mengikuti seleksi perangkat desa (perades) di Kecamatan Baureno cukup besar. Dari 28 jabatan perades yang dibuka lowongan, ternyata yang ikut mencapai 545 peserta. Tes perades di 16 desa digelar kemarin (3/5) di SMAN 1 Baureno. Hasil tes rerata nilai diperoleh peserta yang lolos 80 ke atas.

Camat Baureno Ilham mengungkapkan bahwa ujian perangkat yang ada di kecamatanya sudah diselenggarakan sesuai ketentuan berlaku. Ia menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab pelaksanaan seleksi kepada tim telah dibentuk dan pihak ketiga selaku penyusun naskah soal. “Sudah dipersiapkan, saya hanya menyampaikan tahapan dengan ketentuan kepada tim,” ujarnya.

Menurut Ilham, pelaksanaan ujian perangkat ini diikuti oleh 16 desa dengan total jumlah 545 peserta dengan jatah 28 lowongan perades. Saat dikonfirmasi kemarin siang, Ilham mengaku belum mengetahui hasil rekapan dari tim penyelenggara. “Menjadi salah kalau camat terlalu ikut campur lebih dalam di ujian perangkat,” tutur dia.

Baca juga: 38 PMI Tunggu Hasil Swab Ulang

Ilham berharap hasil sudah keluar bisa diterima oleh semua peserta. Karena pihak kecamatan sudah memberikan sosialisasi tahapan dan mekanisme ujian perangkat. “Berani nyalon, harus berani menerima hasil yang diperoleh,” tutur dia.

Informasi diperoleh, ujian perangkat desa digelar di SMAN 1 Baureno itu rerata ada mendapat hasil cukup tinggi. Peserta lolos rerata memperoleh nilai 80 ke atas. Paling tinggi dengan nilai 93 yang rendah mendapat nilai 61 diperoleh perangkat Desa Drajat.

Baihaqi salah satu peserta ujian asal Desa Pasinan menjelaskan, telah mempersiapkan diri menghadapi ujian perangkat. Naskah soal yang ada dalam ujian hampir sama dengan yang ia pelajari di laman internet. “Tanya ke teman-teman pamong yang dulu ikut tes,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Bojonegoro. Baihaqi mendaftar perangkat desa formasi sekretaris desa (sekdes) dan memperoleh nilai 93. Setelah tes berlangsung, ia memilih kembali bekerja. (luk)

(bj/rij/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news