alexametrics
Minggu, 16 May 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban
Geliat SMPN 1 Plumpang di Masa Pandemi

Siswa, Pendidik, dan Sekolah Tunjukkan Prestasi

04 Mei 2021, 10: 02: 47 WIB | editor : Nailul Imtihany

KOMITMEN MEMAJUKAN PENDIDIKAN: Pose bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Nur Khamid dan Kepala SMPN 1 Plumpang Heri Kustomo serta dewan guru.

KOMITMEN MEMAJUKAN PENDIDIKAN: Pose bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Nur Khamid dan Kepala SMPN 1 Plumpang Heri Kustomo serta dewan guru.

Share this      

Radar Tuban - Terpaan pandemi Covid-19 yang berlangsung setahun lebih benar-benar mengubah tatanan kehidupan di tanah air. Dampak dari cengkeraman virus mematikan ini sungguh luar biasa. Termasuk bagi dunia pendidikan. Peserta didik, pendidik, maupun tenaga kependidikan terkena dampaknya.

Aktivitas pembelajaran tatap muka di sekolah seakan kehilangan daya dan tenggelam dalam sunyinya pembelajaran daring. Namun, tidak demikian halnya dengan SMP Negeri 1 Plumpang. Di tengah sulitnya masa pandemi, pendidik dan peserta didik lembaga pendidikan ini tetap eksis mengukir prestasi.

Capaian prestasi yang ditoreh, antara lain, sebagai Sekolah Tertib Berbahasa Terbaik tingkat Provinsi Jatim tahun 2020. Penghargaan tersebut dianugerahkan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Lembaga yang sama juga memberikan penghargaan kepada Af Ida Nurotul Bayti atas prestasinya yang menyabet juara 1 Lomba Bercerita tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur tahun 2021 pada peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional.

Baca juga: Bupati Resmikan Alun Alun Sugio

KUASAI SENI BUDAYA TRADISIONAL: Tiga siswa putra dan putri SMPN 1 Plumpang juarai lomba Tembang Mocopat tingkat kabupaten pada peringatan Hari Pendidikan Nasional.

KUASAI SENI BUDAYA TRADISIONAL: Tiga siswa putra dan putri SMPN 1 Plumpang juarai lomba Tembang Mocopat tingkat kabupaten pada peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Siswi SMPN 1 Plumpang ini berhasil menyingkirkan 191 rivalnya yang mengikuti lomba secara virtual. Siswa sekolah ini juga mampu mengukir prestasi sebagai juara 2 Kompetisi Sains Nasional bidang IPS tahun 2021 yang diselenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten Tuban.

Prestasi lainnya dipersembahkan para siswa pada lomba Hardiknas Kabupaten Tuban tahun 2021. Antara lain, Af Ida, juara 1 lomba Tembang Macapat Putri, Rahardyan juara 2 Tembang Macapat Putra, Anggun juara 3 lomba Pidato Kepahlawanan IPS, dan Mellia juara 3 lomba Vokal Solo.

Para pembina sekolah ini juga mampu mengantar para anak didiknya untuk masuk sepuluh besar lomba-lomba Hardiknas. Capaiannya, peringkat 4 lomba Baca Teks Berita dan Cerpen, peringkat 5 lomba Daur Ulang Sampah Anorganik, peringkat 6 lomba Baca Puisi, peringkat 6 Senam Irama, peringkat 8 MTQ, dan peringkat 9 story telling.

Kepala SMP Negeri 1 Plumpang, Heri Kustomo mengatakan, keberhasilan yang diraih anak didiknya tak lepas dari kesungguhan dan bersemangat para pembina di sekolah. Para pembina tersebut, kata Heri, memberikan pembinaan dan latihan kepada para siswa untuk mengikuti semua lomba, baik secara virtual maupun luring.

‘’Kebersamaan dan koordinasi yang baik merupakan pembuka jalan bagi pembinaan untuk memberikan yang terbaik,’’ tegasnya. Lebih lanjut Heri menyampaikan, hal lain yang ikut mengantar prestasi sekolah dan anak didiknya adalah gerakan literasi bagi pendidik dan peserta didik.

Meski di tengah pandemi, kepala sekolah berusaha memotivasi agar tetap memanfaatkan waktu luang untuk menuangkan karya dalam wujud buku. Berkat kerja sama yang baik, kata dia, sekarang ini tak kurang tercetak 20 buku karya pendidik dan 1 buku lain karya Dewan Galang.

Dua puluh satu buku ber-ISBN tersebut sempat mengisi rak buku pada pameran yang digelar di Pendapa Krida Manunggal Tuban pada peringatan Hardiknas beberapa waktu lalu. Karya ilmiah yang lahir dari sekolah ini dan mendapat perhatian adalah karya Vera Khairun Nissa, M.Pd.

Karyanya berhasil dimuat di Juarnal Ilmiah Jembatan Merah yang diterbitkan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur tahun 2020. Sekolah ini juga mendapat kesempatan pertama untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Pada 19 April yang lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Nur Khamid mengunjungi sekolah ini untuk meninjau kesiapan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

Utamanya mengecek pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Mulai pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan, menggunakan masker, pengaturan jarak di dalam kelas, dan kebersihan lingkungan sekolah.

(bj/ds/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news