alexametrics
Minggu, 16 May 2021
radarbojonegoro
Home > Lamongan
icon featured
Lamongan
Pemerintah Desa Sugio

Bupati Resmikan Alun Alun Sugio

04 Mei 2021, 09: 51: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

RESMI BEROPERASI : Alun-Alun Sugio diresmikan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lamongan.

RESMI BEROPERASI : Alun-Alun Sugio diresmikan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lamongan.

Share this      

Radar Lamongan - Desa Sugio kini memiliki ikon baru yang menjadi kebanggaan masyarakat, yakni Alun-Alun Sugio. Kemarin (3/4), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lamongan, dan Camat Sugio meresmikan secara langsung alun-alun yang terletak di pusat kecamatan itu.

Menurut Bupati YES, keberadaan Alun-Alun Sugio diharapkan dapat mendongkrak perekonomian warga Desa Sugio. ‘’Karena perekonomian saat ini sedang lesu. Dan yang kami harapkan agar (perekonomian) bergairah kembali,’’ ucapnya.

Dengan mengusung konsep industri wisata, banyak terobosan yang diinisiasi oleh Kepala Desa Sugio, H. Abdul Rochim, S.Pd., dalam merivitalisasi lokasi tersebut. Di antaranya menjadikan Alun-Alun Sugio sebagai wisata kuliner, wisata edukasi, wisata olahraga, serta wisata anak-anak.

Baca juga: Pulang Dari Malaysia & Siangapura, Empat Pekerja Migran Diisolasi

WISATA INDUSTRI : Alun-Alun Sugio dikonsep menjadi Wisata Industri bagi masyarakat sekitar

WISATA INDUSTRI : Alun-Alun Sugio dikonsep menjadi Wisata Industri bagi masyarakat sekitar

‘’Sehingga muka Desa Sugio sebagai ibu kota kecamatan yang semula kumuh, kini menjadi bersih. Selain itu, Alun-Alun Sugio kini tampak terlihat jelas dan menarik,’’ paparnya kepada Jawa Pos Radar Lamongan.

Rochim menuturkan, selain pembangunan Alun-Alun Sugio, beberapa prestasi dan transformasi yang berhasil ditorehkannya. Salah satunya penertiban sekaligus penataan stan pedagang kaki lima (PKL).

Sebanyak 18 stan PKL yang sebelumnya berjajar di tepi jalan, kini telah tertata dengan rapi dan bersih. Sehingga memudahkan para pengunjung yang ingin berwisata kuliner maupun membeli produkproduk UMKM Desa Sugio.

‘’Alhamdulillah proses penertiban PKL ini berhasil dilakukan dengan humanis, tanpa menimbulkan konflik atau gejolak apapun, serta tidak melibatkan Satpol PP,’’ tuturnya dengan bangga.

Fasilitas di Alun-Alun Sugio terhitung lengkap seperti alun-alun di kawasan perkotaan. Ada jogging track, lapangan futsal, lapangan sepak bola, dan lapangan bola voli dalam satu lokasi. Tak hanya itu, fasilitas bermain untuk anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan jungkatjungkit juga semakin menambah daya tarik pengunjung. 

PAD Meningkat, Warga Sejahtera

Kepala Desa Sugio, H. Abdul Rochim, S.Pd., sukses meningkatkan pendapatan asli desa (PAD) dari Pasar Sugio. Sebelumnya, perolehan PAD hanya Rp 40 Juta per tahun. Namun kini telah meningkat drastis menjadi Rp 560 Juta per tahun.

‘’Dari kenaikan PAD ini, kami Pemerintah Desa Sugio bisa memberikan tunjangan kepada BPD (Badan Permusyawaratan Desa), LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), Ketua RT dan RW, guru ngaji, guru PAUD/TK/MI, modin, sampai tukang memandikan jenazah juga mendapatkan tunjangan,’’ ungkapnya.

Berkat tangan dinginnya pula, status predikat desa yang disandang oleh Desa Sugio juga telah meningkat di taraf nasional. ‘’Semula Desa Sugo hanya berstatus Desaku Pintar. Tapi kini kami berhasil menaikkan status desa menjadi Desa Mandiri tingkat nasional yang menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat,’’ ujar Rochim.

(bj/*/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news