alexametrics
Minggu, 16 May 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban
SMP Negeri 1 Palang

Harumkan Tuban Melalui Prestasi Literasi hingga Tingkat Nasional

03 Mei 2021, 09: 57: 05 WIB | editor : Nailul Imtihany

MEMBANGGAKAN: Khovifatul Hastutut 10 terbaik lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2021 berpose bersama Kepala SMPN 1 Palang Umirindiyah, S.Pd., M.M dan juri Tika Bisono.

MEMBANGGAKAN: Khovifatul Hastutut 10 terbaik lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2021 berpose bersama Kepala SMPN 1 Palang Umirindiyah, S.Pd., M.M dan juri Tika Bisono.

Share this      

Radar Tuban - Luar biasa hebat. Semangat SMPN 1 Palang dalam mengukir prestasi patut diapresiasi. Selama masa sulit pandemi Covid-19, sekolah ini berhasil memboyong lima penghargaan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. 

Prestasi tersebut meliputi peringkat I Apresiasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Tuban 2020, Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah  sebagai Sekolah Tertib Berbahasa Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur, sepuluh terbaik Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2020, 20 terbaik kategori SMP dalam lomba Menulis Surat untuk Kartini Tingkat Nasional Tahun 2021, 10 terbaik kategori SMP dalam Lomba Menulis Surat Remaja Tingkat Nasional Tahun 2021.

Kepala SMPN 1 Palang Umirindiyah, S.Pd., M.M mengatakan, kesuksesan pencapaian prestasi yang diraih ini merupakan berkat kerja sama dan saling support yang baik antara guru, siswa dan komite sekolah. Selain itu, sekolah yang dipimpinnya sekarang tengah fokus dalam membangun budaya literasi di lingkungan sekolah. 

Baca juga: PT PNM Bagikan Bantuan untuk Nasabah Disabilitas

PRESTASI SEKOLAH: SMPN 1 Palang peringkat I Apresiasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Tuban 2020

PRESTASI SEKOLAH: SMPN 1 Palang peringkat I Apresiasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Tuban 2020

Pendidik wanita ini ingin menguatkan kembali budaya literasi, khususnya di wilayah Kabupaten Tuban untuk me­wu­judkan Tuban sebagai kota literasi. ‘’Se­moga dengan prestasi yang diraih SMPN 1 Palang ini dapat menjadi stimulus untuk menghidupkan kembali budaya ma­syarakat Kabupaten Tuban,’’ jelasnya.

Kepala sekolah yang mulai bertugas di SMPN 1 Palang bulan Januari 2020 ini menyampaikan, berbagai upaya telah dilakukannya untuk mengembangkan minat dan kemauan berliterasi pada siswanya. Yakni, dengan membangun sinergitas dengan komite sekolah maupun stakeholder lainnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk memberikan fasilitas memadai dan menjadikan sekolah sebagai rumah yang nyaman untuk para peserta didik dalam menuntut Ilmu, berbagai upaya dilakukan. Salah satunya menyediakan taman baca yang nyaman bagi siswa dalam membaca untuk mencari referensi buku. ‘’Alhamdulillah, upaya kita dalam meningkatkan budaya literasi di sekolah selalu mendapatkan dukungan dan support dari komite sekolah dan stakeholder lain untuk memenuhi fasilitas-fasilitas penunjang untuk kegiatan siswa,’’ ungkap Umi.

Selain memprioritaskan program peng­embangan literasi, SMPN unggulan di Kecamatan Palang ini juga aktif menjaga siswanya dari berbagai pengaruh negatif dari luar lingkungan sekolah. Salah satunya dengan menguatkan penanaman karakter religi kepada semua murid sekolah tersebut. Itu diimplementasikan dalam pengajian dan tausiyah setiap hari setelah jam pelajaran usai. Umi menegaskan, pe­nanaman karakter religius sangat pen­ting untuk melindungi para siswa dari pengaruh negatif. Juga dapat menun­jang peningkatan pencapaian prestasi seluruh siswa. Itu sejalan dengan tujuan sekolah dalam menciptakan generasi yang berprestsi dan berkarakter religi. 

Ketua Komite SMPN 1 Palang Ali Efendi  mengatakan, selaku ketua komite sekolah, dirinya sangat mendukung seluruh program yang dijalankan sekolah untuk meningkatkan prestasi anak didik. Dia juga mengapresiasi sekolah karena dalam waktu satu tahun ini pelaksanaan program literasi terbukti membuahkan hasil dengan sejumlah raihan prestasi. ‘’Saya sangat men­dukung sekali dengan langkah-langkah sekolah dalam upaya menyuk­seskan siswanya untuk meraih prestasi,‘’ ujar Ali. 

(bj/ds/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news