alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarbojonegoro
Home > Lamongan
icon featured
Lamongan

Dinkes Lamongan Tunggu Kiriman Vaksin AstraZeneca

29 April 2021, 16: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Dinkes Lamongan Tunggu Kiriman Vaksin AstraZeneca

(AINUR OCHIEM/RDR.BJN)

Share this      

Radar Lamongan - Dinas Kesehatan Lamongan bakal mendapatkan droping vaksin AstraZaneca. Vaksin tersebut untuk menuntaskan target vaksinasi lansia dan pelayan publik bulan depan. ”Stok vaksin sementara minim. Bisa dibilang kosong, sehingga target akan menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin,” ujar Kepala Dinkes Lamongan Taufik Hidayat kepada Jawa Pos Radar Lamongan.

Menurut dia, rencananya minggu ini didroping vaksin 200 vial atau 2000 dosis AstraZeneca untuk sasaran seribu lansia. Juga, 480 vial atau 4.800 dosis untuk 2.400 sasaran. Yakni 60 persen lansia dan 40 persen umum dari pelayan publik. Menurut Taufik, total penerima vaksin dosis 1 dan 2 ada 55.900 orang dari 200 ribu orang lebih.

Dia menjelaskan, untuk sementara petugas masih menggunakan vaksin jenis Sinovac sesuai kiriman provinsi. Stok vaksin saat ini hanya 80 dosis. Taufik memastikan kedua jenis vaksin itu aman dan sudah lolos uji klinis. Bahkan efek samping yang ditimbulkan dari vaksinasi ini sudah dianalisa. Vaksin AstraZeneca baru masuk expired date (ED) Juni nanti. ‘’Kalau distribusi dituntaskan Mei, otomatis bisa langsung disuntikkan sebelum masuk masa ED,” terangnya.

Baca juga: Selama Ramadan, Jumlah Pengemis Melonjak

Taufik menambahkan, program vaksinasi diharapkan bisa segera tuntas. Pencapaian sekarang masih kurang banyak. Saat ini, vaksinasi masih fokus pada tokoh agama, guru, dan tenaga kependidikan untuk menyongsong pembelajaran normal Juli mendatang, serta pelayan publik. Setelah pelayan publik tuntas baru masuk swasta. Namun, semuanya menunggu kebijakan resmi dari pusat.

(bj/yan/rka/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news