alexametrics
Minggu, 16 May 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban
DPRKP Kabupaten Tuban

Menciptakan Banyak Taman dari Ruang Kosong Nan Gersang

26 April 2021, 09: 31: 50 WIB | editor : Nailul Imtihany

Menciptakan Banyak Taman dari Ruang Kosong Nan Gersang

Share this      

Kabupaten Tuban yang sekarang tidak lagi gersang. Dalam beberapa tahun belakangan telah banyak taman-taman di sejumlah sudut jalan dalam kota. Mengisi ruang-ruang kosong yang dulu gersang. Dengan tujuan menghadirkan kebahagiaan untuk masyarakat Tuban. Utamanya bagi kaumkaum muda yang kesepian.

Kehadiran Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) telah mem bawa banyak perubahan untuk Kabupaten Tuban. Sudut-sudat jalan dalam kota yang dulu gersang, kini sudah banyak berubah—menjadi tetamanan yang indah dipandang.

Semua itu tidak lepas dari tangan dingin Dinas PRKP dalam meramu wajah Tuban. Pelan namun tertata, spot-spot taman mulai menghiasi setiap jalan yang dulu tampak gersang. Dimulai dari pintu masuk perbatasan Tuban-Lamongan, pengendara yang melintas langsung disambut dengan taman minimalis Tuban Bumi Wali di ujung timur Kecamatan Widang.

Baca juga: Mesin ADM E-KTP Masih Belum Diminati

Pun saat memasuki wilayah kota, taman minimalis Widengan yang masuk wilayah Kecamatan Semanding siap menyambut bagi siapapun yang datang ke Tuban. Dan pemandangan akan semakin menyegarkan saat sudah memasuki kota. Taman-taman minimalis semakin mudah dijumpai.

Kepala Dinas PRKP Tuban Drs. Sudarmaji, MM mengungkapkan, sedikitnya ada sepuluh titik taman yang dibangun baru dan diremajakan. Diantara taman yang dibangun baru, yakni taman Manunggal Lor dan Kidul yang berlokasi di Jalan Manunggal, Taman Kapur yang berlokasi di simpang Gajah Mada dan Hayam Wuruk, Taman Sumur Gemuling yang beralokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, dan Taman Cokro yang berlokasi di Jalan HOS. Cokroaminoto.

Sedangkan taman-taman yang lain merupakan proses peremajaan. Taman Sleko, misalnya. Taman yang berhadapan dengan SMAN 1 Tuban dan masih di Jalan Pahlawan ini telah dilakukan proses peremajaan. Dari yang dulunya hanya sekadar taman yang dikelilingi dengan bunga-bunga, kini sudah diremajakan dengan banyak sentuhan ornamen dan sarpras penunjang kenyamanan. Dilengkapi dengan banyak tempat duduk dan mini jogging track.

Seiring dengan peremajaan yang dilakukan Dinas PRKP, kini taman yang berlokasi di simpang empat Bundaran Sleko itu telah menjadi tempat yang sangat nyaman untuk sekadar bersantai melepas penat kala pagi, siang, sore, dan malam. Pun dengan peremajaan Taman Wire atau Taman Hutan Kota dan sejumlah spot taman di Alun-Alun Tuban. Sentuhan kinerja Dinas PRKP telah memberikan banyak perubahan dengan mengedepankan estetika dan kenyamanan.

‘’Harapannya, selain menampilkan keindahan, juga bisa menjadi tempat santai yang nyaman dan aman,’’ tutur Darmaji, sapaan akrabnya. Untuk taman-taman yang baru, terang mantan Camat Plumpang ini, adalah bagian dari pemanfaatan ruang-ruang kosong yang itu merupakan lahan milik Pemkab Tuban.

Dengan begitu, tidak ada lagi ruang kosong nan gersang tanpa sentuhan. Hanya saja, terang Darmaji, lahan kosong yang dimiliki pemkab sangat minim. ‘’Inilah tantangan kami, memanfaatkan ruang-ruang kosong yang lahannya cukup minim,’’ terang dia.

Karenanya, lanjut Darmaji, ada sebagian yang hanya dipermak agar tampak indah, seperti halnya Taman Manunggal Lor dan Kidul, serta Taman Cokro. Sementara yang memiliki lahan cukup luas dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang, seperti Taman Sumur Gemuling. Luasnya lahan yang ada mampu diramu dengan sentuhan yang sangat apik.

Taman dengan nama dari sejarah Sumur Gemuling yang dulu hanya lahan kosong itu telah menjadi destinasi anyar bagi setiap orang yang ingin menikmati keindahan taman. Terlebih saat malam, keberadaan air mancur menari semakin melengkapi keindahaan taman. Ditambah dengan spot-spot instagramable dan ruang fitnes terbuka, menjadikan taman yang satu ini memiliki daya pikat yang luar biasa. ‘’Melalui taman-taman, kami ingin menghadirkan kebahagiaan untuk masyarakat Tuban,’’ tuturnya.

(bj/wid/tok/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news