alexametrics
Minggu, 16 May 2021
radarbojonegoro
Home > Boks
icon featured
Boks

Ipang Dwi Prasetyo, Penata Rias dan Perajin Baju Karnaval

20 April 2021, 14: 30: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

ULET: Berkat tangan dingin Ipang Dwi Prasetyo, puluhan kostum buatannya diminati banyak orang. Ipang juga piawai make up

ULET: Berkat tangan dingin Ipang Dwi Prasetyo, puluhan kostum buatannya diminati banyak orang. Ipang juga piawai make up

Share this      

Kreativitas Ipang Dwi Prasetyo tak perlu diragukan. Puluhan kostum carnival telah ia buat. Beberapa kali gelar pameran kostum dan berpartisipasi di carnival-carnival digelar di kota-kota besar. 

BHAGAS DANI PURWOKO, Radar Bojonegoro 

Janji temu dengan Ipang Dwi Prasetyo tidak terlalu alot. Meski mobilitasnya seharihari cukup padat. Akhirnya, Jawa Pos Radar Bojonegoro berkesempatan bertemu dengan pemuda kelahiran 1994 itu di kantor BRI Bojonegoro.

Baca juga: Uji Coba Tatap Muka Dimulai, Per Sesi, 2 Jam 3 Mapel

Kebetulan BRI Bojonegoro sedang ada gawe membuat konten dance dan Ipang berperan sebagai penyedia kostum sekaligus make up. Sosoknya supel dan humoris. Ipang mengaku terjun di dunia make up dan costume artist sejak 2016.

Gerbang awalnya bermula ketika Ipang sejak duduk di bangku SMK menggeluti seni tari tradisional maupun modern. Ipang sudah memiliki jam terbang cukup tinggi sebagai penari. Kala itu ia dipercaya menjadi mentor tari pelajar sekolah hendak ujian praktik tari.

“Sebenarnya lebih kepada dipaksa untuk jadi mentor tari. Lalu lambat laun, saya berpikir sekalian belajar make up dan bikin kostum buat mereka yang mau ujian praktik tari itu,” tutur pemuda asal Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Bojonegoro Kota itu.

Ipang mengaku belajar secara otodidak. Bukan dari internet, Ipang lebih banyak menjalin relasi sekaligus belajar dengan para seniman make up maupun kostum.

Proses ia butuhkan membuat satu kostum cukup cepat, yakni dua hingga tiga hari. Uniknya, Ipang tidak pernah membuat sketsa skala kecil di kertas terlebih dahulu, Ipang mengaku penuh spontanitas. “Saya sukanya bikin kostum justru dadakan lembur sampai subuh. Sering kali saya tidak pakai sketsa, murni imajinasi langsung saya tuangkan ketika hendak bikin potongan bahan kostum seperti busa hati,” tutur pemuda belum lama menyabet juara satu kontes make up Jember Fashion Carnival (JFC) secara virtual.

Alasan dia suka dadakan, karena menurutnya ketika kostum dibuat jauh-jauh hari takut ada saja kurang sesuai ekspektasinya. Justru itulah Ipang menikmati perjalanan karirnya. Sejak 2017 hingga 2019, ia beberapa kali ikut berpartisipasi carnival digelar di Malang dan Surabaya.

Momen-momen carnival di kota-kota besar itu ia jadikan memperluas jaringan sekaligus belajar sebanyak-banyaknya. “Belajar banyak banget dari para seniman-seniman kostum maupun make up se-Indonesia raya tiap ikutan carnival,” ujar alumni siswa SMKN 1 Berau, Kalimantan Timur itu.

Ipang mengaku pada 2019 merupakan tahun di mana rezeki ia peroleh dari profesinya itu melimpah. Beberapa kali bikin pameran kostum di GoFun. Ternyata pada 2020 diterjang pandemi Covid-19. Ipang sempat kikuk menghadapi pandemi. Penghasilan jelas turun drastis.

Sejauh ini, Ipang mengandalkan karnaval-karnaval tiap desa-desa di Bojonegoro. Untungnya Ipang belum merekrut karyawan. Sehingga tidak terlalu terbebani gaji. Selama pandemi Covid-19, Ipang bertahan di bidang make up. Mulai orang menggelar acara pernikahan.

“Syukurnya masih bisa bertahan hingga sekarang. Tapi semoga pandemi lekas usai agar ada banyak acara karnaval lagi di desa-desa. Jujur secara getok tular paling banyak di desa-desa,” bebernya.

Anak bungsu dari empat bersaudara itu menyadari darah seni mengalir pada dirinya. Mengingat ibunya seorang penyanyi dan almarhum ayahnya merupakan seorang pengukir kayu. Jadi, tak heran apabila Ipang mudah mengaplikasikan imajinasinya membuat kostum dan make up.

Ipang kini lebih sering membagikan ilmunya kepada teman temannya ingin belajar make up maupun bikin kostum. Ke depannya iklim seniman kostum di Bojonegoro makin bergeliat dan Bojonegoro bisa menggelar carnival skala nasional.

(bj/rij/gas/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news