alexametrics
Selasa, 13 Apr 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Headpiece Tuban Dikenakan di Ajang Puteri Indonesia

08 April 2021, 16: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

LAHIR DI TENGAH PANDEMI: Hiasan kepala karya Suganda Saputra yang dikenakan model.

LAHIR DI TENGAH PANDEMI: Hiasan kepala karya Suganda Saputra yang dikenakan model.

Share this      

Radar Tuban – Perajin headpiece atau aksesori kepala di Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding adalah salah satu kreativitas usaha menengah kecil mikro (UMKM) yang lahir di tengah pandemi Covid-19. Suganda Saputra, merintis kerajinan tersebut pada Maret 2020. Persis ketika pandemi menghantam tanah air dan memorak-porandakan seluruh sendi perekonomian.

Kerajinan pertama di Tuban tersebut cukup membanggakan. Hasil kriya pria 24 tahun ini digunakan runner up p emilihan puteri Indonesia Jatim. Diwawancarai Jawa Pos Radar Tuban, Ganda, panggilan akrab nya mengatakan, setelah lulus kuliah, dia mengaku tak punya aktivitas apa pun.

Pandemi juga memaksanya tetap tinggal di rumah. Untuk mengisi waktu, pemuda lulusan seni rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya ini mencoba membuat headpiece berbahan baja. Untuk ornamennya logam besi yang dipoles dengan cat khusus plus tambahan manik-manik.

Baca juga: Ali Efendi, Rekor 7 Kali Donor Plasma Konvalesen

Keterampilan tersebut dikuasai Ganda dari bangku kuliah. Di luar dugaan, produk yang di pasarkan melalui media sosial (medsos) tersebut mendapat respons yang baik dari pasar.

Pemesannya yang didominasi desainer baju pun terus mengalir. ‘’Karya ini jarang dibuat orang lain,’’ ujarnya. Hasil kerajinan Ganda dijual dengan harga hingga Rp 1,5 juta per unit. Harga tersebut tergantung dari kerumitan pola dan ukurannya. Per bulan, Ganda mengaku penghasilkan omzet rata-rata Rp 2 juta. (dik)

(bj/ds/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news