alexametrics
Selasa, 13 Apr 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Pasca TMMD ke-110, TNI Masih Melakukan Pendampingan dan Pemberdayaan

05 April 2021, 09: 39: 39 WIB | editor : Nailul Imtihany

SABUK DI TENGAH HAMPARAN PERSAWAHAN: Jalan poros desa yang menghubungkan Desa Ngrancang dan Jatimulyo, keduanya di Kecamatan Tambakrejo yang kini mulus.

SABUK DI TENGAH HAMPARAN PERSAWAHAN: Jalan poros desa yang menghubungkan Desa Ngrancang dan Jatimulyo, keduanya di Kecamatan Tambakrejo yang kini mulus.

Share this      

Radar Bojonegoro - Meski seluruh kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 di Desa Ngrancang dan Jatimulyo, keduanya di Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro telah ditutup Rabu (31/3), bukan berarti tugas anggota Kodim 0813 Bojonegoro telah berakhir.

Sampai sekarang, mereka masih melaksanakan pendampingan dan pemberdayaan. Dua di antaranya pelatihan dan sosialisasi. Kemarin (4/4), misalnya, sebagian anggota Kodim 0813 Bojonegoro masih berada di lokasi sasaran TMMD untuk melakukan pendampingan bagi petani yang panen.

Salah satu pendampingan dilakukan kepada Lamin. Pria 58 tahun itu dibantu anggota TNI ketika memanen hasil sawahnya untuk dijual ke pasar. Bukan hanya itu. Anggota TNI juga memberikan pengetahuan terkait pemasaran terong hasil pertanian Lamin agar tidak ditipu tengkulak yang membeli dengan harga yang sangat murah. Salah satunya dengan menjual langsung ke pasar terdekat.

Baca juga: Tukang Ojek di Tuban Diamankan Densus 88 Antiteror

BERI PENDAMPINGAN: Anggota Kodim 0813 Bojonegoro membantu petani mengangkuti hasil panen.

BERI PENDAMPINGAN: Anggota Kodim 0813 Bojonegoro membantu petani mengangkuti hasil panen.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Surahmat menerangkan, pendampingan bertujuan memberikan wawasan berkelanjutan kepada para masyarakat yang membutuhkan bantuan serta pemikiran. ‘’Ini kita lakukan untuk memberikan manfaat bagi  masyarakat agar bisa meningkatkan SDM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai bidangnya,’’ terangnya.

Dia menyampaikan, ketika panen komoditas tertentu, banyak tengkulak berkeliaran dan membeli hasil pertanian dengan harga sangat murah. ‘’Ini sangat merugiakan petani,’’ tegasnya.

Pendampingan, lanjut Surahmat, dilakukan untuk mengambil langkah pemikiran dan strategi agar hasil panen mendapatkan harga yang pantas dan tidak merugikan petani. Lamin yang mendapatkan pendampingan menyampaikan terima kasih atas saran masukan anggota TNI. ‘’Saya merasa tercerahkan,’’ ujarnya yang mengaku selama ini hasil pertaniannya kurang memberikan nilai ekonomis.

Kegiatan pendampingan lainnya adalah komunikasi sosial (komsos) dengan mendatangi warga untuk mengimbau menjalankan protokol kesehatan. Seperti dilakukan Serda Lajahudin dan Kopda Puntiono yang menggelar komsos di wilayah pinggiran hutan Jatimulyo. ‘’Masih banyak warga di sini yang tidak paham dengan sebaran Covid-19, sehingga kami harus memberikan pemahaman dan mengedukasi kesehatan dengan membagikan masker,’’ ujar Kopda Puntiono.

Sementara itu, setelah jalan beraspal dibangun satgas sepanjang 2,4 kilometer (km), TNI dan masyarakat berusaha memperindah pemandangan sepanjang jalan poros desa tersebut dengan menanami bunga pada kedua sisinya. Khususnya jalan di depan SDN Jatimulyo.

‘’Tanaman hias ini sengaja kita sediakan bersama potnya untuk menambah suasana keindahan, sehingga tampak bagus seperti jalan-jalan perkotaan,’’ ujar salah satu guru SD Negeri Jatimulyo.

Serda Lajahudin, salah satu anggota Kodim 0813 Bojonegoro menyampaikan, ide kreatif akan selalu muncul jika ada dasar untuk memulainya. Mulusnya jalan yang dibangun TMMD, kata dia, menumbuhkan semangat masyarakat untuk memperindah tepi jalan. Mulusnya jalan dan berhiasnya bunga di sejumlah titik jalan dimanfaatkan sebagian warga untuk kegiatan olahraga pagi, mulai jalan-jalan, bersepeda, hingga joging.

Sebagian muda-mudi dan pengguna jalan juga mengabadikan pemandangan jalan tersebut untuk selfie. ‘’Sangat bagus untuk selfie karena masih baru dan warna hitamnya masih pekat sehingga bagus sekali untuk background foto,’’ ujar Novianti, salah satu remaja Ngrancang.

Sejumlah remaja mengaku selama ini jalan pagi nyaris tak pernah dilakukan warga Ngrancang. Itu karena paving jalan sebelumnya banyak yang rusak dan tak nyaman untuk jalan-jalan. Kepala Desa Ngrancang Sudadi, mengingatkan kepada warga agar tetap berhati-hati karena jalan merupakan fasilitas umum yang dilintasi banyak kendaraan. ‘’Boleh saja selfi dan bersepeda, namun tetap harus hati-hati,’’ kata dia.

Semangat Gotong-Royong 

Program TMMD ke-110 di wilayah Kabupaten Bojonegoro menjadi bukti semangat gotong royong semua komponen masyarakat. Tidak hanya TNI. Keterlibatan pemerintah daerah, kepolisian, dan masyarakat saling melengkapi.

‘’Alhamdulillah sekarang sudah dibangun jalan tembus. Semula kalau mau ke desa tetangga jaraknya jauh. Sekarang dekat dan lancar,’’ ujar Marsi, 45, warga Ngrancang kemarin (4/4).

Sugiantoro, 54, warga lainnya menambahkan, jalan merupakan infrastruktur penting bagi masyarakat, khususnya petani. ‘’Jalan sangat vital karena melancarkan distribusi hasil pertanian,’’ ujarnya menyampaikan terima kasih atas program TMMD. Hal yang disampaikan Su giantoro sangat beralasan. Itu karena jalan tembus meringankan ongkos distribusi hasil panen.

Petani yang lahan pertaniannya di sepanjang sungai yang dinormalisasi dan dibangun drainase juga bersyukur karena aliran sungai tidak lagi memicu erosi. Mereka pun bisa kembali bercocok tanam tanpa takut lahannya digerus air.

Komandan Kodim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto mengatakan, semangat gotong-royong semua elemen tercermin dalam pelaksanaan program TMMD. ‘’Semangat inilah yang harus dibina dan kita jaga agar negara ini semakin kukuh dan maju,’’ tegas perwira yang juga Dansatgas TMMD ke-110 di Bojonegoro.

Dandim juga menyampaikan terima kasih kepada pemkab setempat dan semua elemen yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan TMMD, sehingga seluruh program berjalan dengan baik. Dia juga berharap seluruh capaian fisik maupun nonfisik dijaga dan dirawat dengan baik.

(bj/ds/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news