alexametrics
Selasa, 02 Mar 2021
radarbojonegoro
Home > Lamongan
icon featured
Lamongan

Polres Lamongan Hanya Miliki Dua CCTV E-Tilang

Baru Sebatas Dicoba

23 Januari 2021, 14: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

BELUM DIOPERASIONALKAN: CCTV yang ada di Jalan Lamongrejo. Polres Lamongan baru memiliki dua CCTV yang siap difungsikan bila e-tilang nasional diberlakukan

BELUM DIOPERASIONALKAN: CCTV yang ada di Jalan Lamongrejo. Polres Lamongan baru memiliki dua CCTV yang siap difungsikan bila e-tilang nasional diberlakukan (GAMAL A/RDR.LMG)

Share this      

Radar Lamongan – Wacana penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau yang dikenal tilang elektronik (e-tilang) secara nasional membutuhkan kesiapan di daerah. Sebab, jumlah closed circuit television (CCTV) sangat terbatas di wilayah polres. ‘’Pemasangan baru di dua tempat,’’ ujar KBO Lantas Polres Lamongan Iptu Asyik kemarin (22/1).

Polres Lamongan menempatkan CCTV di traffic light Jalan Lamongrejo dan Jalan Jaksa Agung Suprapto. Menurut Asyik, CCTV itu belum dioperasionalkan. ‘’Semua sudah lengkap. Sudah bisa difungsikan sebagai mana nantinya untuk melakukan penindakan,’’ imbuhnya.

Dia mengatakan, CCTV itu pernah diuji coba. Namun, khusus internal Polres Lamongan. ‘’Jadi potret lalu lintas warga Lamongan terlihat di sini dan masih banyak yang melanggar marka,’’ bebernya terkait hasil uji coba.

Saat diuji coba itu, sempat mengalami masalah koneksi internet. Rekaman tidak bisa cepat terkirim ke polres dan dishub setempat. Setelah masalah koneksi internet teratasi, rekaman dari CCTV itu bisa dipantau. ‘’Dalam waktu dekat ini pastinya akan kordinasi dengan pemerintah daerah, dinas perhubungan terkait dengan adanya e-tilang,’’ ujarnya.

Bagaimana dengan rencana e-tilang nasional? Asyik mengatakan, polres nantinya harus siap bila itu diberlakukan. Namun, dia belum dapat memerkirakan berapa kebutuhan CCTV di wilayah Polres Lamongan. ‘’Harus koordinasikan dengan Kapolres dulu,’’ tuturnya.

Asyik menjelaskan, saat ini baru dua CCTV itu yang siap dioperasionalkan. Tenaga operasional untuk memantau CCTV itu juga sudah disiapkan. Menurut dia, ada sepuluh anggotanya yang siap ditugasi mengawasi CCTV. Nantinya, dua anggota bergiliran melakukan penjagaan di command center Polres Lamongan.

‘’Kapannya, saya belum mengetahui pasti untuk diaktifkan. Hingga saat ini belum bisa memastikan,’’ katanya. Dia menuturkan, pengaktivan CCTV itu perlu dirapatkan lebih dulu.

Seperti diberitakan Jawa Pos, setelah resmi menjadi Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo siap menjalankan program-program unggulannya. Termasuk  ETLE. Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Chryshnanda Dwilaksana menyatakan, ETLE akan diterapkan Se-Indonesia. Namun, teknis pelaksanaannya menjadi kebijakan direktorat lalu lintas (ditlantas) di setiap polda. Dengan tilang elektronik ini, semua orang akan sejajar di mata hukum.

(bj/yan/mal/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news