alexametrics
Rabu, 20 Jan 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Curah Hujan Tinggi, Waspada Bencana Hidrometeorologi

11 Januari 2021, 16: 30: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

GELAP: Mendung menggelayut di atas Alun-Alun Tuban. Saat ini memasuki puncak musim hujan.

GELAP: Mendung menggelayut di atas Alun-Alun Tuban. Saat ini memasuki puncak musim hujan. (YUDHA SATRIA A/RDR.TBN)

Share this      

Radar Tuban - Hujan deras dengan durasi lama masih akan terjadi hingga Februari. Sesuai yang dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini sebagian besar wilayah di Indonesia memasuki puncak musim penghujan.

Di Tuban, puncak musim hujan sudah mulai sejak pekan lalu hingga satu bulan ke depan. Kepala BMKG Tuban Rofiq Isa Manshur mengatakan mengacu radar cuaca, puncak musim hujan terjadi sejak awal Januari hingga Februari.

Selama satu bulan akan terjadi peningkatan curah hujan dari cuaca normal 100-300 mm menjadi 300 - 500 mm dalam sebulan. “Ciri-ciri pucak musim hujan ada peningkatan curah hujan dan hujan intensitas ringan hingga lebat terjadi dalam waktu yang lebih lama,” terang dia kepada Jawa Pos Radar Tuban.

Kabar baiknya, dampak La Nina terpantau mulai berkurang. Pejabat kelahiran Bondowoso ini mengatakan pada Desember dampak La Nina membuat debit air hujan meningkat hingga 40 persen. Itu yang membuat hujan pada Desember sangat lebat, meskipun baru memasuki awal musim hujan.

Kini, dampak fenomena alam tersebut tinggal separo. “Dampak La Nina sudah berkurang, kenaikan debit air hanya berkisar 20-40 persen,” tuturnya. Rofiq mengingatkan potensi bencana hidrometeorologi masih akan berlangsung hingga bulan depan.

Bencana yang disebabkan air tersebut, kata Rofiq, seperti banjir dan longsor. Di Tuban banjir disebabkan karena dua faktor. Yakni faktor luapan Bengawan Solo dan air hujan yang tak tertampung. “Waspadai juga penyakit yang akan menyertai adanya genangan dan banjir,” imbau dia.

(bj/yud/wid/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia