alexametrics
Kamis, 21 Jan 2021
radarbojonegoro
Home > Lamongan
icon featured
Lamongan

2.000 Surat Suara Rusak, Beberapa Logistik Pilkada Belum Terkirim

30 November 2020, 19: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

DIKEBUT : Para petugas pelipatan surat suara Pilkada Lamongan sedang ngebut melaksanakan tugas.

DIKEBUT : Para petugas pelipatan surat suara Pilkada Lamongan sedang ngebut melaksanakan tugas.

Share this      

Radar Lamongan – Sekitar 2.000 lembar surat suara yang akan dipakai untuk pelaksanaan Pilkada Lamongan pada 9 Desember mendatang mengalami kerusakan. Bentuk kerusakannya, ada yang sobek, terlipat, dan tinta cetakannya tidak jelas. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) setempat menyatakan akan melaporkan dan meminta ganti ke pihak percetakan.

‘’Sudah kita sampaikan lebih awal juga terkait estimasi banyaknya kerusakan surat suara,’’ tutur Ketua Komisioner KPUK Lamongan, Mahrus Ali kepada Jawa Pos Radar Lamongan, kemarin (29/11). Mahrus mengatakan, proses pelipatan surat suara masih berlangsung hingga kemarin.

Nantinya, akan dikalkulasi seluruh kerusakan setelah proses pelipatan sudah selesai. ‘’Kita akan mengajukan penggantiannya kepada pihak Temprina (percetakan). Kalau untuk file cetak masih ada. Nanti akan diberita acarakan,’’ imbuh Mahrus.

Pemungutan suara tersisa sembilan hari lagi. Mahrus mengklaim masih cukup waktu untuk mengganti kerusakan tersebut. Termasuk melengkapi logistik pemilihan yang lainnya. ‘’Kalau kerusakan hanya kisaran ribuan, mencetaknya tidak sampai satu jam. Jadi kita rasa masih ada cukup waktu untuk melengkapi surat suara,’’ kata Mahrus.

Sementara itu, alat pelindung diri bahan kebutuhan rumah tangga (APD-BKRT) sudah didistribusikan ke seluruh kecamatan. Logistik lainnya yang sudah tiba yakni tinta, bilik suara, kotak suara, dan kabel tis. ‘’Untuk logistik sudah mulai terlengkapi,’’ kata Mahrus.

Dia menjelaskan, ada beberapa logistik yang belum tiba. Diantaranta form C hologram, form C salinan, alat tulis kantor (ATK), APD alkes. ‘’Untuk ATK posisinta sekarang sudah diset per TPS, tinggal mengirim ke sini saja,’’ tukasnya.

Mahrus mengatakan, pihaknya cukup lega telah melaksanan debat terbuka paslon. Sehingga, lanjut dia, kini pihaknya fokus terhadap logistik dan penyiapan sumber daya manusia (SDM). ‘’Kita sudah mempersiapkan sejumlah opsi bilamana ada kendala,’’ pungkas Mahrus.

(bj/feb/ind/nae/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia