alexametrics
Rabu, 02 Dec 2020
radarbojonegoro
Home > Lamongan
icon featured
Lamongan

Prioritaskan Vaksin Bagi yang Sehat

18 November 2020, 16: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Prioritaskan Vaksin Bagi yang Sehat

(ISTIMEWA/RDR.BJN)

Share this      

Radar Lamongan – Jawa Timur menjadi satu di antara empat provinsi yang dipilih untuk memperoleh vaksin Covid-19 tahap pertama pada Desember mendatang. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan dr Bambang Susilo, pihaknya hingga saat ini masih menunggu kebijakan selanjutnya dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI. Termasuk jumlah warga Kabupaten Lamongan yang akan divaksin.

‘’Sementara kita masih pasif karena pendataannya dari pusat. Tapi pelatihan untuk petugas vaksinator sudah berjalan beberapa minggu lalu. Dari pusat belum ada kebijakan. Kita hanya menunggu. Tapi kalau vaksin sudah datang dan kelengkapannya siap, insya Allah dinkes juga siap,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Lamongan kemarin (17/11).

Bambang menuturkan, vaksin Covid-19 yang tiba nantinya diprioritaskan bagi warga yang sehat dengan rentang usia 18 - 59 tahun. Sedangkan warga serta pasien Covid-19 yang memiliki kormobid seperti diabetes mellitus, hipertensi, dan jantung harus menunggu hingga kondisi fisiknya stabil serta siap divaksin.

‘’Nanti yang divaksin akan mendapat undangan berupa SMS dari Telkom, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), dan Kemkominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika),’’ tuturnya.

Sementara itu, meskipun vaksinasi Covid-19 merupakan program dari pemerintah pusat, dinkes tetap akan mengusulkan anggaran untuk pelaksanaan vaksinasi. Namun Bambang belum bisa menyebutkan nominal pastinya.

‘’Untuk penganggaran saat ini belum ada. Tapi tetap diusulkan dan akan kita ajukan. Karena jumlah sasaran penerima vaksin belum diketahui, maka kita juga belum bisa menyebutkan rencananya anggarannya,’’ tukasnya.

(bj/yan/din/nae/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia