alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

KPUK Tuban Tetapkan Daftar Pemilih Tetap Pilkada Sebanyak 942.519 Jiwa

15 Oktober 2020, 17: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

PENETAPAN DPT: Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di aula kantor KPUK kemarin (14/10).

PENETAPAN DPT: Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di aula kantor KPUK kemarin (14/10). (AHMAD ATHO’ILLAH/RDR.TBN)

Share this      

Radar Tuban – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban kemarin (14/10) resmi menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Tuban 2020. Penetapan DPT tersebut diputuskan melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di aula kantor KPUK setempat yang di pimpin langsung oleh Ketua KPUK Tuban Fatkul Iksan.

Rapat pleno terbuka tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Divisi Perencanaan dan Data KPUK Tuban Moh. Nurokib mengungkapkan, DPT Pilkada Tuban pada tahun ini sebanyak 942.519 jiwa yang tersebar pada 20 kecamatan se-Kabupaten Tuban.

Rinciannya, pemilih laki-laki 465.537 jiwa dan perempuan 476.982 jiwa. Daftar pemilih sementara (DPS) dari setiap kecamatan itu disampaikan masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan disaksikan langsung oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawas lu) yang hadir dalam rapat pleno tersebut.

Jumlah DPT yang dite tapkan KPUK Tuban itu menga lami penurunan sebanyak 3.832 jiwa dari data DPS 946.351 jiwa. Disampaikan Rokib, penurunan jumlah DPT dari DPS itu setelah muncul tanggapan masyarakat saat pengumuman DPS pada 19-28 September lalu.

Seperti data yang semestinya tidak memenuhi syarat (TMS), tetapi masuk DPS, sehingga harus dicoret. Begitu juga data ganda. Karena itulah terjadi penurunan jumlah DPT. ‘’Ini menunjukkan partisipasi masyarakat dalam memberikan tanggapan atas data DPS cukup tinggi,’’ tegas dia.

Rokib lebih lanjut menyampaikan, selama ini proses pemuta khiran data pemilih hingga penetapan DPT berjalan lancar. Tidak ada tanggapan keberatan, baik dari Bawaslu mapun parpol sebagai peserta pemilu.

‘’Alhamdulillah semua tahapan berjalan lancar,’’ tuturnya. DPT yang telah ditetapkan, lanjut Rokib, akan disampaikan kepada panitia pemungutan suara (PPS). Selanjutnya, masing-masing PPS akan mengumumkan di kantor kelurahan/desa dan tempat-tempat strategis lain.

‘’Pengumuman DPT dijadwalkan mulai 28 Oktober hingga Desember 2020,’’ paparnya. Dengan demikian, masyarakat bisa melihat langsung data DPT masing-masing. Termasuk untuk mengetahui lokasi TPS pada pencoblosan 9 Desember mendatang.

(bj/ds/tok/nae/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia