alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarbojonegoro
Home > Lamongan
icon featured
Lamongan

Bupati dan Komisi E Apresiasi EJGSI 2020 di Lamongan

13 Oktober 2020, 13: 40: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Bupati dan Komisi E Apresiasi EJGSI 2020 di Lamongan

Share this      

Radar Lamongan - Perhelatan East Java Green Scout Innovation (EJGSI) 2020 Zona X di Kabupaten Lamongan resmi berakhir kemarin (12/10). Plt Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, Kak Drs H. AR. Purmadi menutup kegiatan kerelewanan itu.

Acara penutupan digelar di Pendapa Kecamatan Kembangbahu. Seratus anggota Pramuka penegak dan pandega dari Kwartir Cabang Kabupaten Lamongan yang telah melakukan bakti lingkungan juga dihadirkan. Termasuk tujuh warga penerima manfaat pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH).

Anggota Komisi E DPRD Jatim, Dr. H. Kodrat Sunyoto, SH., M.Si serta Bupati Lamongan, H. Fadeli SH, MM juga turut menghadiri upacara tersebut. Mereka begitu kagum ketika mengamati foto-foto proses dan hasil kegiatan pemugaran tujuh unit RTLH oleh para peserta EJGSI zona kesepuluh ini.

SUMRINGAH: Anggota Komisi E DPRD Jatim, H. Kodrat Sunyoto (kanan) secara simbolis menyerahkan kunci kepada Ibu Riman, warga penerima manfaat pemugaran RTLH dalam kegiatan EJGSI 2020 Zona X di Kabupate

SUMRINGAH: Anggota Komisi E DPRD Jatim, H. Kodrat Sunyoto (kanan) secara simbolis menyerahkan kunci kepada Ibu Riman, warga penerima manfaat pemugaran RTLH dalam kegiatan EJGSI 2020 Zona X di Kabupate

Di sebuah papan yang terpampang di pelataran Kantor Kecamatan Kembangbahu. Mereka juga tampak antusias saat menyaksikan pemutaran video pendek berisi proses kegiatan. Tujuh unit RTLH milik warga kurang mampu yang semula kondisinya memprihatinkan, kini telah berubah menjadi rumah yang layak huni.

Tak heran jika kegiatan sosial yang diinisiasi Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Jatim dan Komisi E DPRD Jatim ini menuai apresiasi. ”EJGSI 2020 adalah inovasi kegiatan Pramuka yang luar biasa sarat akan manfaat secara nyata. Kabupaten Lamongan juga punya semangat berinovasi. Sangat tepat sasaran sekali kegiatan ini,” ujar Bupati Lamongan, Fadeli.

”Di daerah kami (Lamongan) masih banyak RTLH yang perlu dibantu pemugaran agar menjadi layak huni. Terima kasih kepada Kwarda Gerakan Pramuka Jatim, Pemerintah Provinsi Jatim, dan Komisi E DPRD Jatim, karena daerah kami diberi kepercayaan menjadi penyelenggaraan EJGSI 2020 ini,” ujar Fadeli, Bupati Lamongan.

Apresiasi juga diberikan oleh anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Kodrat Sunyoto. Politisi Golkar dari Dapil Lamongan dan Gresik itu memuji hasil pemugaran RTLH oleh para anggota Pramuka penegak dan pandega.

”Secara pribadi saya berkomitmen supaya kegiatan EJGSI terus berkelanjutan dan ada peningkatan. Komisi E siap memback up kegiatan Pramuka. Tahun depan akan lebih banyak yang dibantu dan merata. Apalagi Pramuka tidak bisa terlepas dari masyarakat untuk mengabdi,’’ pungkasnya.

Meskipun mengenakan masker, gurat wajah sumringah tampak dari tujuh warga penerima manfaat pemugaran RTLH saat serah terima secara simbolis kunci rumah mereka yang kini telah layak huni. Sekaligus penyerahan bantuan paket bahan pangan, masker, dan tempat sampah secara simbolis.

Usai acara penutupan berakhir, Kak AR. Purmadi, Kak Fadeli, Kak Kodrat, dan para tamu meninjau langsung salah satu RTLH yang selesai dilakukan pemugaran. Kak AR. Purmadi juga berterima kasih kepada masyarakat Desa Kembangbahu yang turut membantu jalannya programprogram dalam EJGSI hingga selesai tepat waktu sesuai jadwal. Sehingga pihaknya tidak salah memilih Kabupaten Lamongan sebagai tuan rumah.

‘’Lamongan dipilih karena inovasinya. Seperti kemah literasi dan kemah serumpun itu inovasinya juga dari Lamongan. Monggo selanjutnya dirawat. Program ini diharapkan bisa bermakna, berkesan, dan berdampak. Sekaligus bisa diduplikasi oleh Kwarcab Lamongan,’’ tuturnya.

(bj/din/nae/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia