alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarbojonegoro
Home > Lamongan
icon featured
Lamongan

Disnakertrans Pastikan UMK 2021 Tak Terpengaruh Omnibus Law

12 Oktober 2020, 13: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

Disnakertrans Pastikan UMK 2021 Tak Terpengaruh Omnibus Law

(ISTIMEWA/RDR.BJN)

Share this      

Radar Lamongan - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lamongan memastikan penghitungan upah minimum kabupaten (UMK) Lamongan 2021 tidak terpengaruh pengesahan Undang-Undang Omnibus Law (Cipta Kerja/Ciptaker).

Penentuan besaran UMK masih menggunakan aturan lama. ‘’(UU Omnibus Law) tidak mempengaruhi, masih menggunakan perhitungan yang lama,’’ kata Kepala Disnakertrans Lamongan, Hamdani Azhari kepada Jawa Pos Radar Lamongan, kemarin (11/10).

Seperti diketahui, Pasal 88c ayat 3 UU Ciptaker, yakni upah minimum ditentukan berdasarkan kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan. Pasal tersebut dinilai banyak pihak berpotensi membuat UMK turun tiap tahun. Sedangkan selama ini UMK dihitung berdasarkan kebutuhan hidup layak (KHL).

‘’Kita masih berpatokan terhadap survei KHL,’’ ujar Dani, sapaan akrabnya. Dia menyatakan, pihaknya sudah menyusun tim yang bergerak melakukan survei KHL di sejumlah pasar di Lamongan sejak minggu lalu. Ketika sudah dike tahui besaran KHL, maka ketua tim akan membuat laporan.

‘’Ini masih ke lapangan timnya, survei KHL mulai mi nggu kemarin. Survei kan merata di utara, tengah, dan selatan. Nanti kalau sudah fix, dilaporkan ke saya,’’ terangnya saat dikonfirmasi via ponsel.

Menurut dia, hasil survei KHL dan penghitungan besaran UMK tahun depan akan dikomunikasikan dengan sejumlah elemen. Diantaranya dewan pengupahan, asosiasi pengusaha, serikat buruh, dan universitas.

‘’Jadi dalam penghitungannya dilakukan secara transparan,’’ tandasnya. Setelah semua elemen sepakat, ujar dia, barulah disnakertrans melaporkan ke Bupati Lamongan, yang selanjutnya dilaporkan ke Gubernur Jatim.

Biasanya, besaran UMK ditetapkan tak jauh dari yang diusulkan. ‘’Biasanya sebelum akhir tahun, sudah digedok besarannya,’’ pungkas Dani.

(bj/feb/ind/nae/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia