alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarbojonegoro
Home > Lamongan
icon featured
Lamongan

Latih Penegak Disiplin Protokol Kesehatan

25 September 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Nailul Imtihany

SIMBOLIS : Bupati Fadeli mengukuhkan peserta pelatihan penegak disiplin protokol kesehatan dengan memasangkan rompi kepada salah satu peserta.

SIMBOLIS : Bupati Fadeli mengukuhkan peserta pelatihan penegak disiplin protokol kesehatan dengan memasangkan rompi kepada salah satu peserta. (ISTIMEWA/RDR.LMG)

Share this      

Radar Lamongan – Penegakan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran Covid-19 di Lamongan semakin digencarkan. Satgas Penanganan Covid-19 Kota Soto tersebut menggelar pelatihan khusus penegak disiplin protokol kesehatan di Pendapa Lokatantra Pemkab setempat, kemarin (24/9).

Personel penegak disiplin protokol kesehatan itu berasal dari masing-masing lingkungan kerja pemerintah maupun swasta. Seperti perkantoran, organisasi perangkat daerah (OPD), perbankan, perhotelan, atau pelaku usaha di Lamongan.

Bupati Lamongan Fadeli secara langsung membuka pelatihan tersebut, sekaligus mengukuhkan peserta pelatihan dengan pemasangan rompi satgas. Turut hadir Kapolres Lamongan AKBP Harun dan Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono.

Peserta akan diberikan beberapa materi dari tiga narasumber. Yakni, dari Dinas Kesehatan, Polres Lamongan, dan Kodim 0812. “Hari ini ada 100 orang peserta. Kami terus berupaya bagaimana mendisiplinkan masyarakat. Harus terus kita sosialisasikan bahwa maskermu melindungiku dan maskerku melindungimu,” tutur Bupati Fadeli.

Bupati Fadeli menargetkan secepatnya jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Lamongan dapat diturunkan dari zona orange saat ini (update setiap minggu) menjadi zona kuning, bahkan hijau.

“Kami terus berupaya, mudah-mudahan Desember 2020 atau sebelum Pilkada Lamongan bisa menjadi zona hijau,” tandasnya. Fadeli berharap agar petugas yang telah dikukuhkan dan diberikan pelatihan dapat benarbenar menjadi petugas penegak disiplin protokol kesehatan di tempat tugas masing-masing. Serta dapat menjadi sarana mengurangi penyebaran covid-19 di Lamongan.

Pelatihan ini bertujuan menyatukan pemahaman terhadap penegakan disiplin protokol kesehatan, sehingga mampu mengurangi penyebaran covid-19. Peserta pelatihan terdiri atas anggota TNI, Polri, satpol PP, dan petugas umum (Telkom, perbankan, perumda, kafe, hotel, BPS , dan perwakilan OPD).

Dalam laporannya, Kepala Satpol PP Lamongan Suprapto menyatakan, pelatihan ini akan dilakukan empat kali di beberapa tempat yang berbeda. Yakni, Pendapa Lokatantra Pemkab Lamongan, Kecamatan Babat, Paciran, dan Ngimbang. Pelatihan ini untuk menindaklanjuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Kemudian, Perda Provinsi Jatim Nomor 2 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat.

Selanjutnya, Pergub Nomor 53 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, serta Perbup Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. ‘’Personel penegak disiplin ini bertugas melakukan sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan di masing-masing lingkungan kerjanya,’’ terangnya

(bj/feb/nae/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia