alexametrics
Jumat, 14 Aug 2020
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Tempat Wisata dan Fasilitas Umum Resmi Dibuka Kembali

Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

28 Juli 2020, 12: 05: 39 WIB | editor : Nailul Imtihany

RESMI DIBUKA KEMBALI: Bupati Tuban Fathul Huda memotong pita, menandai dibukanya kembali Wisata Makam Sunan Bonang kemarin (27/7).

RESMI DIBUKA KEMBALI: Bupati Tuban Fathul Huda memotong pita, menandai dibukanya kembali Wisata Makam Sunan Bonang kemarin (27/7).

Share this      

Radar Tuban – Senyum lega terpancar pada wajah para pedagang di kompleks wisata makam Sunan Bonang ketika Bupati Tuban Fathul Huda bersama pejabat forkopimda dan dinas terkait memasuki kompleks wisata religi tersebut, kemarin (27/7).

Denyut ekonomi terasa hidup kembali menyusul dibukanya tempat-tempat wisata dan fasilitas umum di Bumi Wali setelah hampir lima bulan tutup akibat pandemi Covid-19. Secara seremonial, kegiatan pembukaan tempat wisata setelah libur panjang itu berlangsung di Wisata Religi Makam Sunan Bonang, Pantai Kelapa, dan fasilitas umum di kompleks Tuban Sport Center (TSC).

‘’Secara seremonial berlangsung di tiga tempat, namun kegiatan ini menandai dibukanya seluruh tempat wisata dan fasilitas umum di Tuban,’’ kata bupati Fathul Huda ketika meresmikan Wisata Religi Tangguh Makam Sunan Bonang.

NORMAL: Bupati Fathul Huda mengikuti prosedur pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk kompleks makam Sunan Bonang.

NORMAL: Bupati Fathul Huda mengikuti prosedur pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk kompleks makam Sunan Bonang.

Disampaikan bupati, selain mencegah penularan virus korona, penutupan tempat-tempat wisata dan fasilitas umum selama kurang lebih empat bulan setengah itu merupakan masa adaptasi menuju tatatan kenormalan yang baru atau era new normal.

Nah, setelah melalui proses adaptasi yang cukup panjang tersebut, seka rang merupakan waktu yang tepat untuk mempraktikkan proses adaptasi pada kebia saan yang lebih luas. ‘’Selama ini kita sudah membiasakan pola hidup sehat dengan menerapkan protokol ke sehatan.

Covid-19. Sekarang kita perluas kebiasaan baru itu di tempat-tempat wisata dan fasilitas umum,’’ terang bupati dua periode itu. Bupati berharap, dengan dibukanya kembali tempat-tempat wisata ter sebut roda perekonomian masyarakat kembali bergeliat.

Utamanya yang selama ini menggantungkan nasib dengan berjualan di tempat-tempat wisata, seperti Wisata Makam Sunan Bonang dan Pantai Kelapa. Ditegaskan bupati, di era tatanan kenor malan yang baru ini, perekonomian dan pola hidup sehat tidak bisa dipisahkan.

Keduanya harus berjalan seiring. ‘’Kuncinya, selalu menerapkan protokol kesehatan covid selama menjalankan aktivitas ekonomi,’’ terang mantan ketua PCNU Tuban itu. Pada tahap awal pembukaan tempat wisata dan fasilitas umum tersebut, untuk sementara dibatasi 30 persen dari total kapasitas pengunjung.

Di Wisata Makam Sunan Bonang misalnya. Jika kapasitas normal kurang lebih 200 orang sekali masuk, kini sekali masuk dibatasi maksimal 60 orang. Itu dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan, physical distancing. ‘’Batas kuota maksimal pengunjung 30 persen tersebut berlaku untuk semua lokasi wisata di Tuban,’’ tuturnya.

Selain batasan maksimal pengunjung, setiap pengelola wisata juga wajib menerapkan protokol kesehatan covid secara ketat. Di antaranya kewajiban menyediakan tempat cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, mengecek suhu badan dengan thermo gun, serta wajib memakai masker saat memasuki lokasi wisata maupun fasilitas umum.

Risna Agustin, salah satu pedagang kompleks makam Sunan Bonang mengaku sangat lega dengan dibukanya kembali tempat-tempat wisata di Tuban. Dia berkomitmen menerapkan protokol kesehatan secara ketat. ‘’Kami akan mendukung penuh upaya pemerintah dalam mencegah penularan virus korona. Kami para pedagang akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pengunjung wajib cuci tangan dan memakai masker,’’ tutur dia dengan senyum kelegaan yang tergurat di balik maskernya.

(bj/tok/ds/nae/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia