alexametrics
Jumat, 14 Aug 2020
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Tempat Wisata di Tuban Sudah Boleh Beroperasi Mulai Besok Sabtu

24 Juli 2020, 14: 29: 00 WIB | editor : Nailul Imtihany

WAJIB TAATI PROTOKOL: Pantai Cemara Sewu, salah satu tempat wisata di Tuban yang mendahului beroperasi di tengah pandemi virus korona.

WAJIB TAATI PROTOKOL: Pantai Cemara Sewu, salah satu tempat wisata di Tuban yang mendahului beroperasi di tengah pandemi virus korona.

Share this      

Radar Tuban – Meski Tuban masih berkategori zona oranye, pemkab setempat sudah memperbolehkan lokasi wisata beroperasi mulai Sabtu (25/7). Kebijakan tersebut berlaku untuk seluruh wisata, baik yang dikelola pemkab maupun swasta. Demikian pula untuk tempat karaoke, panti pijat, spa, panggung seni, rumah kecantikan, dan lainnya.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat edaran bupati tentang tatanan kenormalan baru (adaptasi kebiasaan baru) pada usaha bidang pariwisata, penyelenggaraan kesenian dan pelaksanaan kegiatan hajatan di Kabupaten Tuban. Surat tersebut ditandatangani Bupati Tuban Fathul Huda Senin (20/7) dan mulai diedarkan Selasa (21/7).

Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban Suwanto mengatakan, tempat wisata boleh beroperasi serentak mulai Sabtu akhir pekan ini. Operasionalnya pun, kata dia, dimulai dengan tahap uji coba selama 14 hari.

Selama waktu tersebut, seluruh destinasi wisata akan rutin dievaluasi. ‘’Jika ada pelanggaran selama 14 hari masa uji coba tersebut, lokasi wisata langsung ditutup,’’ tegas dia. Pejabat lulusan Universitas Ga jah Mada (UGM) Jogjakarta itu menyampaikan, pengelola wisata wajib taat protokol kesehatan.

Seperti menyediakan fasilitas cuci tangan, mewajibkan pengunjung dan petugas bermasker, dan jaga jarak. Juga rutin berkoordinasi dengan petugas kesehatan setempat. ‘’Kalau ada pengelola wisata yang mem biarkan pengunjung tak bermasker, kami sanksi bertahap sampai penutupan lokasi,’’ ujar Suwarno.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Tuban selama sepekan terakhir, sejumlah pengelola wisata sepertinya tak sabar untuk mengoperasikan tempat wisatanya. Beberapa tempat wisata yang mendahului operasi, antara lain, wisata religi makam Sunan Bonang, Pantai Cemara Sewu, dan Tebing Pelangi. Mereka sudah beroperasi sejak beberapa hari yang lalu. Terkait sejumlah pengelola wisata yang curi start, Suwanto mengaku sudah mengetahui. Dia pun sudah memberi teguran secara lisan.

(bj/yud/ds/nae/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia