alexametrics
Sabtu, 28 Mar 2020
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban
Setiajit Edukasi Masyarakat

Jangan Takut, Ayo Bersama-sama Melawan Covid-19

26 Maret 2020, 17: 10: 11 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

CEGAH PENULARAN KORONA: Setiajit menyerahkan bak air berkeran kepada perwakilan tim kecamatan untuk dibagikan. Penyerahan berlangsung di poskonya kemarin (25/3).

CEGAH PENULARAN KORONA: Setiajit menyerahkan bak air berkeran kepada perwakilan tim kecamatan untuk dibagikan. Penyerahan berlangsung di poskonya kemarin (25/3). (Dwi Setiawan/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

Begitu turun dari motornya nopol L 2424 H kemarin (25/3) siang, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim H. Setiajit, SH MM langsung melepas helm merahnya. Masih mengenakan masker putih, dia menyapa pemilik warung dan penjual buah yang didatangi. 

Setelah pengikutnya memasang bak air berkeran plus sabun di depan tempat-tempat usaha tersebut, Setiajit kemudian mensimulasikan cara mencuri tangan pakai pakai yang benar. Ketika memberikan contoh, dia tidak hanya mencuci telapak tangan dan sela-sela seluruh jari. Punggung tangan pun dibasuh. Tak hanya itu. Setiajit juga menyampaikan manfaat mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. ''Setiap ada yang datang, minta mereka untuk mencuci tangan dulu. Perilaku hidup bersih dan sehat itu bisa mencegah penularan virus korona,'' ujar birokrat asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak itu kepada Rianto, salah satu pemilik warung di Jalan Pramuka. 

Ketika membagikan bak air berkeran plus sabun cuci tangan, Setiajit mengenakan kaus orange lengan panjang plus rompi hitam dan bercelana jeans coklat. Sepatunya kets warna hitam.  

BEGINI YANG BENAR....: Setiajit mensimulasikan cara mencuci tangan pakai sabun yang benar kepada pemilik warung di area Pantai Boom dan rest area.

BEGINI YANG BENAR....: Setiajit mensimulasikan cara mencuci tangan pakai sabun yang benar kepada pemilik warung di area Pantai Boom dan rest area. (Dwi Setiawan/Jawa Pos Radar Tuban)

Warung dan penjual buah di jalan protokol tersebut merupakan salah satu titik sektor informal di Bumi Wali yang disasar Setiajit untuk mengedukasi masyarakat terkait pencegahan penularan virus korona. 

Titik yang disasar berikutnya pusat jajanan dan suvenir rest area dan kompleks Pantai Boom Tuban.

Rencananya tim bakal calon bupati ber-tagline Tuban Milik Bersama tersebut melanjutkan pembagian bak air berkeran plus sabun dengan total 1000 paket. Dibagikan juga 10 ribu masker, 10.000 hand sanitizer, dan leaflet pencegahan penularan Coronavirus (Covid-19). Selain depan warung, bak air tersebut rencananya dipasang di depan musala dan tempat kerumunan massa.

Setiajit mengatakan, masyarakat perlu diedukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut. Selain membiasakan mencuci tangan pakai sabun, terang mantan kepala Bakorwil II Bojonegoro itu, masyarakat harus dicerahkan terkait pentingnya mengonsumsi makanan bergizi, makan makanan yang dimasak sempurna, dan menerapkan etika saat batuk dan bersin. Standar operasional prosedur (SOP) lain yang diimbau untuk wajib dipatuhi untuk menghambat persebaran pagebluk Covid-19 adalah mengenakan masker dan menjaga jarak yang aman. ''Jangan takut, ayo bersama-sama melawan Covid-19,'' tegas anggota Satgas Penanganan Virus Corona di Jatim itu. Sebagai anggota satgas, Setiajit mengatakan, dirinya memiliki tanggung jawab moral untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Harapannya, masyarakat makin melek terhadap pandemi tersebut  yang berujung pada partisipasi aktif untuk ikut terlibat dalam pencegahan penyebaran virus korona. Dia juga menekankan pentingnya mematuki instruksi pemerintah untuk berdiam diri di rumah. Khusus kepada orang tua, dia berharap mereka mengawasi putra-putrinya selama diterapkan kebijakan belajar di rumah.

(bj/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia