alexametrics
Sabtu, 28 Mar 2020
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro
Gelar Video Conference di Command Center PIP

Bupati Pantau Pencegahan Penyebaran Covid-19

20 Maret 2020, 16: 21: 19 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

VIDEO CONFERENCE: Bu Anna menggelar video conference di Command Center Gedung PIP kemarin (19/3). Video conference untuk memastikan semua camat ikut menggerakkan pencegahan Covid-19 berjalan serentak hingga di tingkat desa.

VIDEO CONFERENCE: Bu Anna menggelar video conference di Command Center Gedung PIP kemarin (19/3). Video conference untuk memastikan semua camat ikut menggerakkan pencegahan Covid-19 berjalan serentak hingga di tingkat desa. (Istimewa)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah kemarin (19/3) memantau langsung gerakan pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Bojonegoro. Dengan sigap dan cepat, Bu Anna, sapaannya menggelar video conference di Command Center Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Bojonegoro.
Konferensi video secara langsung dengan seluruh camat di Bojonegoro. Langkah itu diambil untuk memastikan gerakan pencegahan berlangsung serentak sampai tingkat bawah. Selain itu, juga sebagai tindak lanjut dari Instruksi Bupati Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) Non Alam, Pencegahan Penyebaran Covid-19, tertanggal 15 Maret 2020.
Dalam arahannya Bupati meminta kepada seluruh camat agar memberikan imbauan kepada masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah yang kurang penting. Dan memastikan tidak ada keramaian sampai April mendatang.
‘’Masyarakat juga harus sadar diri akan kebersihan lingkungan, kesehatan, dan keselamatannya. Serta aktif melaporkan atau periksakan diri kepada petugas yang ada di wilayah masing-masing apabila habis berpergian terutama keluar kota,’’ ujar Bu Anna.
Imbauan itu sesuai surat Nomor 338/.2.4.6/412.033/2020 yang ditujukan kepada semua camat se Bojonegoro. Dalam video conference kemarin Bupati menyampaikan kepada seluruh camat bersama mencegah penyebaran Covid-19 di Bojonegoro.
Camat diharapkan untuk melakukan sosialisasi bersama instansi terkait dengan memberikan edukasi kepada masyarakat dengan melibatkan kepala desa atau lurah di wilayahnya masing-masing. Serta, camat diminta bersama forum komunikasi pimpinan kecamatan dan pemerintah desa melakukan pemantauan terhadap siswa-siswi yang diminta belajar di rumah untuk tidak bermain di tempat-tempat umum.
Selanjutnya, Bupati meminta camat mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi Covid-19. Jika ada gejala mencurigakan diminta segera melaporkan kepada petugas kesehatan terdekat.
Selanjutnya, menurut Bu Anna, camat diminta mengimbau kepada masyarakat melakukan pembatasan interaksi langsung, baik dilaksanakan di dalam maupun di luar ruangan dalam jumlah yang besar.
Termasuk adanya konsentrasi masa dalam jumlah besar seperti  kegiatan keramaian, hiburan, kegiatan keagamaan, dan sejenisnya agar dikoordinasikan dengan aparat keamanan.
Camat juga diminta membuat spanduk dan memerintahkan kepala desa/kepala kelurahan untuk membuat spanduk tentang pencegahan penyebaran Covid-19. Dan menempatkannya di fasilitas umum yang strategis.
Selanjutnya, camat juga diminta memerintahkan  takmir masjid dan   pengurus musala membacakan seruan tentang pencegahan penyebaran  Covid-19 sebelum pelaksanaan ibadah salat berjamaah. Sedangkan, bagi yang beragama lain pembacaan seruan disesuaikan dengan pelaksanaan ibadah masing-masing.

(bj/msu/rij/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia