alexametrics
Sabtu, 04 Apr 2020
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban
HUT PDGI Wilayah Jatim di Tuban

Gigi Sehat, SDM Unggul, Indonesia Maju

Sikat Gigi Masal dan Operasi Bibir Sumbing

10 Februari 2020, 07: 50: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SINI  DIPERIKSA  DULU:  Pemeriksaan  gigi  di   dalam mobil dental unit.

SINI  DIPERIKSA  DULU:  Pemeriksaan  gigi  di   dalam mobil dental unit. (Istimewa)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Kegiatan bakti so­sial (baksos) kesehatan yang digelar Per­satuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pengurus Wilayah Jawa Timur bersama PDGI Cabang Tuban berlangsung sukses.
Rangkaian kegiatan HUT PDGI yang ber­langsung di Kabupaten Tuban itu diisi dengan berbagai pelayanan kesehatan gratis. Mulai dari penyuluhan kesehatan gigi, pemeriksaan, dan penambalan gigi berlubang sebanyak 500 anak. Kemudian, sikat gigi masal yang diikuti sekitar seribu siswa SD/MI di wilayah Kecamatan Jenu. Serta, santunan anak yatim yang berlangsung di lapangan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Desa Remen Kecamatan Jenu.
Juga, dilaksanakan operasi bibir sumbing sebanyak sepuluh pasien dari keluarga tidak mampu yang berlangsung di RSNU Tuban. Seluruh rangkaian kegiatan yang digelar di Bumi Wali itu berjalan dengan lancar.
Bupati Tuban H. Fathul Huda memberikan apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya kegiatan baksos PDGI Pengurus Wilayah Jawa Timur yang berlangsung di Kabupaten Tuban. Bupati berharap, kegiatan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan gigi ini bisa menjadi agenda rutin untuk memberikan pe­mahaman kepada masyarakat dalam menjaga dan merawat gigi supaya selalu sehat.
Disampaikan bupati, menjaga gigi adalah hal yang sangat penting. ‘’Rasulullah sudah mengingatkan, bahwa seandainya tidak mem­beratkan umatnya, Rasulullah sudah me­wajibkan umatnya untuk memelihara gigi dan mulut. Ada apa di situ (mulut dan gigi, Red), ternyata di balik itu semua ada rahasia luar biasa, bahwa gigi yang tidak sehat itu akan menjalar (membawa penyakit, Red) kemana-mana,’’ tutur bupati yang hadir sekaligus membuka kegiatan baksos PDGI Pengu­rus Wilayah Jawa Timur tersebut.
Ditegaskan bupati, kenapa menjaga gigi ini penting, karena gigi adalah pangkal dari semua. Gigi yang tidak sehat akan membawa penyakit. Dan sebaliknya, pada tubuh yang sehat ada gigi yang sehat. ‘’Gigi yang tidak sehat itu bisa mengan­cam generasi kita ke depan. Apalagi pada ibu hamil dan anak-anak. Menjaga gigi ini harus benar-benar di­perhatikan. Jangan mengecilkan masalah gigi. Sehingga generasi kita akan menjadi generasi yang unggul,’’ tandasnya.
Apresiasi yang luar biasa juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr. Herlin Ferliana, M.Kes. Disampaikan dia, tema kegiatan yang diambil PDGI Jatim sangat inspiratif dan sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo. Yakni, Gigi Sehat SDM Unggul, Indonesia Maju.
‘’Ini tema yang sangat pas sekali. Kenapa?, Karena gigi adalah pintu awal masuknya makanan. Apabila tidak bisa menjaga gigi dengan baik, maka ini bisa menjadi pintu awal masuknya penyakit. Untuk itu penting menjaga gigi. Sehingga generasi kita menjadi generasi yang sehat dan unggul. Ini sesuai visi presiden,’’ tuturnya.
Disampaikan Herlin, penyakit gigi masih menjadi masalah di Indonesia. Sebagimana hasil riset kesehatan dasar (riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan pada ta­hun 2018 lalu menunjukkan terdapat 88,8 persen penduduk Indonesia yang mengalami masalah kesehatan gigi. Dan, hanya sekitar 10 persen yang mendapat pelayanan dari tenaga medis. Tidak hanya itu, hasil riset juga menunjukkan sekitar 95 persen ma­syarakat Indonesia sudah menyikat gigi, namun hanya sekitar 2,8 persen yang menyikat gigi dengan benar.
‘’Inilah yang menjadi instropeksi kita, apakah mereka tidak tahu atau tidak mau. Ataukah mereka kesulitan mendapat akses pelayanan atau ada hal-hal yang lain. Sehingga ini perlu kita tindaklanjuti,’’ tuturnya.
Ketua PDGI Jawa Timur drg. Yahya, M.Kes menyampaikan, bakti sosial ini merupakan ke­giatan rutin tahunan yang digelar secara bergantian di setiap kabupaten/kota yang ada di Jatim. ‘’Dan, tahun ini Kabupaten Tuban menjadi tuan rumah,’’ katanya.
Disampaikan Yahya, kegiatan baksos ini me­rupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Diikuti oleh seluruh pengurus PDGI Wilayah Jawa Timur dan Cabang Tuban. Untuk kegiatan operasi bibir sumbing, tidak kurang dari 30 dokter gigi dan dokter spesialis bedah mulut dari RS Gigi dan Mulut Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.
Lebih lanjut Yahya menyampaikan, awalnya ada 16 pasien yang terdata untuk mengikuti operasi bibir sumbing. Namun, karena kondisi kesehatan pasien, sehingga tinggal sepuluh pasien yang bisa dilakukan operasi. ‘’Kami bersyukur, semua berjalan lancar,’’ tuturnya.
Pada kesempatan ini, dokter Yahya me­nyam­paikan terima kasih kepada semua pi­hak yang telah mendukung kegiatan baksos PDGI Jawa Timur. Termasuk dari TPPI dan Pertamina MOR V yang memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini melalui  Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Khususnya kepada Pemkab Tuban dan PDGI Cabang Tuban yang sukses menjadi tuan rumah.
Sementara itu, CEO PT TPPI Yulian Dekri me­nyampaikan, dukungan yang diberikan kepada PDGI dalam kegiatan baksos ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Disam­pai­kan Yulian, di dalam kegiatan operasional peru­sahaan tidak hanya mengejar keuntungan samata. Tapi, juga bisa berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat. Sehingga, perusahaan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. “Seba­gaimana kita ketahui, orang yang paling baik adalah yang bermanfaat untuk ling­kungan dan sekitarnya. Sehingga, dalam hal ini melalui program CSR perusahaan, kami juga ingin berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan mendukung program pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat melalui kegiatan PDGI ini,” tuturnya.
Hadir juga dalam kegiatan tersebut, wakil bupati Noor Nahar Hussein, Komandan Kodim 0811 Tuban Letkol Inf. Viliala Romadhon, Kepala Dinas Kesehatan Tuban dr. Bambang Priyo Utomo, Ketua PDGI Cabang Tuban drg. Ina Yuliani, serta sejumlah kepala OPD dan lembaga terkait di lingkup Pemkab Tuban.

KOMPAK: Dari Kanan, Kadinkes Tuban dr. Bambang Priyo Utomo, CEO PT TPPI Yulian Dekri, Kadinkes Jatim dr. Herlin Ferliana, M.Kes., Pengwil PDGI Jatim drg. Donny, dan Ketua PDGI Jatim drg. Yahya, M.Kes.

KOMPAK: Dari Kanan, Kadinkes Tuban dr. Bambang Priyo Utomo, CEO PT TPPI Yulian Dekri, Kadinkes Jatim dr. Herlin Ferliana, M.Kes., Pengwil PDGI Jatim drg. Donny, dan Ketua PDGI Jatim drg. Yahya, M.Kes. (Istimewa)

(bj/tok/wid/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia