alexametrics
Sabtu, 04 Apr 2020
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Musim Hujan “Baru Dimulai

07 Februari 2020, 17: 22: 37 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

GELAP : Mendung hitam pekat pertanda hujan di sekitar bundaran patung Letda Sucipto Tuban, kemarin (6/2).

GELAP : Mendung hitam pekat pertanda hujan di sekitar bundaran patung Letda Sucipto Tuban, kemarin (6/2). (YUDHA SATRIA ADITAMA/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Musim hujan di kawasan Tuban diprediksi baru akan mulai pekan ini. Berdasarkan pantauan stasiun badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) Tuban, hujan di Bumi Wali terpantau baru merata di seluruh wilayah kemarin (6/2). Apalagi memasuki puncak musim hujan yang akan terjadi pada pertengahan Februari ini.

Kepala BMKG Tuban Desindra Deddy Kurniawan mengatakan puncak musim penghujan akan dirasakan secara keseluruhan hampir di seluruh kota di Jawa Timur. Intensitasnya diperkirakan dua kali lebih besar dari hujan pada Desember dan Januari. ‘’Intensitas hujan di Tuban juga sama, akan meningkat dan lebih sering pada Februari ini,’’ kata pejabat kelahiran Jombang ini.

Desindra menuturkan, musim hujan sebenarnya sudah dimulai sejak Desember. Namun karena adanya perbedaan tekanan suhu di daerah pantai utara (Pantura), hujan datang sangat terlambat di Tuban. Sejak Desember, curah hujan di Tuban masih sangat minim berkisar 70–80 milimeter. Diprediksi curah hujan akan meningkat pada pertengahan Februari. ‘’Sekarang ini hujan terpantau mulai merata di seluruh wilayah Tuban,’’ jelas dia.

Salah satu tanda peralihan musim tersebut, kata Desindra, yakni peralihan angin yang semula berembus dari selatan sekarang berubah dari barat. Ditambah gelombang air laut yang mulai stabil pada ketinggian 0,7–1,7 meter. Dengan tanda-tanda alam tersebut, hampir dipastikan intensitas hujan di Tuban pada bulan ini akan lebih tinggi dari sebelumnya. ‘’Bulan sebelumnya awan terpantau masih jarang di daerah Tuban, sekarang sudah terlihat merata,’’ kata dia mengacu pantauan radar BMKG.

(bj/yud/wid/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia