Senin, 17 Feb 2020
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Investor Pasar Modern Lirik Jalan Veteran

23 Januari 2020, 12: 15: 25 WIB | editor : Amin Fauzie

DIURUK: Area lapangan di Jalan Veteran, Bojonegoro, yang diuruk. Ada info akan dibangun pasar modern.

DIURUK: Area lapangan di Jalan Veteran, Bojonegoro, yang diuruk. Ada info akan dibangun pasar modern. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Investor mulai melirik di Bojonegoro sebagai salah satu tempat investasi yang bagus. Diperkirakan sebuah pasar modern baru bakal dibangun lagi di kawasan Jalan Veteran, Bojonegoro.
Namun, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Bojonegoro belum memastikan apakah pasar modern baru itu jadi dibangun atau tidak. Sebab, hingga kini belum ada proses pengurusan izin. ‘’Sampai saat ini belum ada izin yang masuk,’’ kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PMPTSP Gunardi kemarin (22/1).
Namun, dia memastikan, manajemen salah satu grup pasar modern itu sudah berkonsultasi mengenai izin pendirian pasar modern. Yakni, terkait dengan izin mendirikan bangunan (IMB). ‘’Tapi proses perizinan yang diperlukan banyak,’’ ungkap dia.
Salah satunya juga harus ada rekomendasi tata ruang dari dinas pekerjaan umum (PU) bina marga dan tata ruang. Sebab, belum dipastikan apakah kawasan Jalan Veteran yang akan didirikan pasar modern itu bisa didirikan bangunan. ‘’Itu karena sebagian wilayahnya adalah persawahan. Juga terbilang kawasan yang subur,’’ ungkapnya.
Gunardi menjelaskan, izin pasar modern seperti mal atau swalayan berbeda dengan minimarket berjejaring. Izin minimarket berjejaring juga harus memperhatikan kuota yang tersedia. ‘’Izinnya beda. Jadi, izin mal ini tergantung nanti rekomendasi tata ruang,’’ ungkap mantan camat tersebut.
Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Sukur Priyanto mengatakan, kebedaraan pasar modern cukup bagus. Namun, pemkab juga harus lebih menguatkan pasar tradisional. Sehingga, daya saing pasar tradisional tidak kalah dengan pasar modern.  ‘’Pasar tradisional tidak boleh kalah,’’ tuturnya.
Dia meminta pemkab terus melakukan penataan pasar tradisional. Terutama infrastruktunya. Sehingga, pasar tradisional tetap ramai.
Diberitakan sebelumnya, tahun ini, Pemkab Bojonegoro, akan membangun dua pasar tradisional. Yakni Pasar Sroyo Kecamatan Sumberrejo dan Pasar Banjarejo Kecamatan Kota. Target penyelesaian pasar tersebut hingga akhir tahun.

(bj/zim/rij/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia