Senin, 17 Feb 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Selesaikan Pembangunan JLS dan Mall Pelayanan

Fokus Tuntaskan Proyek Strategis

17 Januari 2020, 14: 04: 31 WIB | editor : Amin Fauzie

Fokus Tuntaskan Proyek Strategis

(AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Tuban memberikan perhatian serius kepada pembangunan infrastruktur yang menjadi program prioritas Pemkab Tuban.
Kepala DPUPR Tuban Agung Supriyadi mengatakan, pada tahun anggaran 2020 ini ada dua proyek strategis yang segera direalisasikan. Yakni, menuntaskan infrastruktur jalan lingkar selatan (JLS) dan pembangunan mall pelayanan publik.
‘’Sesuai target Pak Bupati (Fathul Huda), kelanjutan pembangunan JLS harus tuntas pada tahun ini dan secepatnya. Begitu juga dengan pembangunan mall pelayanan publik. Diharapkan sebelum pilkada (September) harus sudah rampung. Lebih cepat lebih baik,’’ tegas Agung kepada Jawa Pos Radar Tuban kemarin (16/1).
Disampaikan Agung, kelanjutan pembangunan JLS terbagi dalam tiga paket pekerjaan. Pertama, paket yang menghubungkan hasil pekerjaan sebelumnya di tahap pertama, yakni ruas Desa Jarum--Tegalagung sepanjang 2.616 meter (m). Selanjutnya, paket dua, ruas Tegalbang--Kembangbilo sepanjang 1.975 m. Dan paket tiga, menghubungan ruas Kembangbilo--Bogorejo sepanjang 2.014 m. Paket tiga merupakan ruas terakhir dari jalur ring road tersebut. (Selengkapnya anggaran pada grafis).
Praktis, dengan terhubungnya seluruh ruas jalur JLS tersebut, maka pada 2021 mendatang jalur yang membentang di wilayah Kecamatan Semanding sudah bisa dioperasikan. Dengan demikian, harapan untuk mengurai kemacetan kendaraan di dalam kota bakal segera terwujud. Jalur transporatsi di wilayah Tuban pun semakin lancar. Persebaran ekonomi juga semakin merata.
‘’Sekarang sudah mulai kita siapkan untuk proses lelangnya. Harapannya, Februari sudah bisa dikerjakan,’’ ujar dia yang berharap  penyelesaiannya tidak terlalu mepet dengan akhir tahun.
Begitu juga untuk pembangunan mall pelayanan publik. Juga sudah mulai disiapkan proses lelangnya. Proyek prioritas untuk menciptakan kemudahan pelayanan tersebut bakal dibangun megah. Tiga lantai. Lokasinya di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, persisnya pada lahan kosong di sekitar kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
Disampaikan Agung, megaproyek dengan anggaran sekitar Rp 25 miliar itu rencananya bakal menjadi pusat perizinan di Pemkab Tuban. Baik pelayanan lembaga horisontal maupun lembaga vertikal di Tuban. Mulai administrasi kependudukan, pelayanan perizinan yang selama ini ditangani dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu (DPMTSP), pelayanan samsat, PLN, dan masih banyak lagi yang memungkinkan untuk dijadikan satu. Sehingga, semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat.
‘’Sesuai dengan target Pak Bupati, pembangunan mall pelayanan publik ini juga harus selesai sebelum akhir tahun. Sehingga pada 2021 mendatang sudah bisa dioperasikan,’’ terang mantan kabag pengadaan barang/jasa dan administrasi pembangunan setda itu.
Selain dua program prioritas tersebut, DPUPR juga memiliki banyak tugas dan tanggung jawab lain yang tidak kalah penting dan setiap tahun rutin dilaksanakan. Mulai dari kegiatan pengendalian banjir, seperti kegiatan pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur pengedali banjir, serta konversi sungai. Kemudian, kegiatan pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan, baik jalan kabupaten maupun poros desa di seluruh kecamatan se-Kabupaten Tuban. Berikutnya, kegiatan pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi dan air baku, serta jaringan pengairan lainnya, seperti pengelolaan sumber daya air, pembangunan saluran irigasi, pembangunan dan normalisasi waduk, serta rehabilitasi jaringan irigasi. Selain itu, DPUPR juga memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan evaluasi, monitoring, dan survei pengendalian kualitas bangunan sebagaimana tugas dan tanggung jawab bidang tata ruang.
‘’Semua kegiatan tersebut muaranya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Memberikan kemudahaan masyarakat dalam menjalankan aktivitas perekonomian dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan,’’ tandas Agung.

Kepala DPUPR Tuban Agung Supriyadi

Kepala DPUPR Tuban Agung Supriyadi (Istimewa)

(bj/tok/ds/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia